Dua Orang Muslimah Pertama Kali Dilantik di Kongres AS

150

Moslemtoday.com : Dewan perwakilan rakyat Amerika Serikat (AS) pertama kali di duduki oleh dua orang perempuan muslimah yang dilantik dalam kongres ke 116 pada hari Kamis, (3/1/2019).

Rashida Tlaib dan Ilhan Omar,  Keduanya menjadi wanita Muslim Amerika pertama di DPR AS. Mereka berdua bersumpah di atas Al-Quran saat dilantik.

Rashida Tlaib merupakan seorang penduduk asli Detroit yang keluarganya berasal dari sebuah desa kecil Palestina di Tepi Barat, sedangkan Ilhan Omar adalah seorang pengungsi dari Somalia yang mencari suaka di Amerika Serikat 23 tahun yang lalu.

“Dua puluh tiga tahun yang lalu, dari sebuah kamp pengungsi di Kenya, saya dan ayah saya tiba di bandara Washington DC, Hari ini, kita kembali ke bandara yang sama pada malam aku bersumpah sebagai orang Amerika-Somalia pertama di Kongres.” kata Omar di Twitter seperti dilansir dari kantor berita Turki, Anadolu Agency, Jumat.(4/1/2019)

Tahun lalu, Tercatat 90 Muslim telah bertarung dalam pemilihan sejak serangan WTC 11 September 2001, menurut Jetpac, sebuah organisasi yang membantu umat Islam mencalonkan diri untuk jabatan politik.

Selain itu Kongres AS ke 116 memiliki rekor jumlah wanita sebanyak 102 wanita di DPR AS dan 23 wanita di Senat.

Sumber : AnadoluAgency  | Redaktur : Fairuz syaugi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

 

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here