Dubes Suriah Ketahuan Berbohong Saat Menjelaskan Situasi Aleppo di Sidang DK PBB

6363
Syria UN ambassador caught using fake photo at council

Moslemtoday.com : Duta Besar Suriah untuk PBB, Bashar Jaafari ketahuan berbohong saat menjelaskan kondisi terkini di Aleppo. Kebohongan itu dilakukan saat Jaafari menjabarkan situasi di Aleppo dalam pertemuan darurat sidang Dewan Keamanan (DK) PBB di New York, Selasa, (13/12/2016).

Saat itu Jaafari menggunakan sebuah foto yang menunjukkan seorang tentara yang sedang membantu seorang wanita tua turun dari sebuah mobil. Dia mengatakan, foto itu adalah saat tentara Suriah membantu wanita tua di Aleppo.

“Ini adalah apa yang tentara Suriah lakukan di Aleppo. Di sini Anda melihat gambar seorang tentara Suriah memberikan bantuan dan succah (kenyamanan) untuk seorang wanita, membantu dia keluar dari mobil,” kata Jaafari.

Namun, sebagaimana dijelaskan oleh Al-Jazeera pada Kamis (15/12), sejumlah jurnalis, aktivis, dan pekerja kemanusian langsung mengenali foto tersebut. Mereka mengatakan foto itu bukan diambil di Suriah, tapi di Irak.

Foto itu diketahui diambil di Fallujah, Irak, dan sosok tentara itu adalah anggota dari bagian pasukan gabungan Irak. Foto itu diambil selama pertempuran Fallujah dan muncul di situs-situs berita berbahasa Arab pada Juni 2016.

Sumber : Al-Jazeera | Weblink : http://www.aljazeera.com/news/2016/12/syria-ambassador-caught-fake-photo-council-161215080753530.html

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here