Dukung Bashar Assad, Perwira Tinggi Cina Kunjungi Suriah

1002

Damaskus – Seorang perwira tinggi militer Cina melakukan kunjungan ke Suriah pekan ini. Hal itu sebagai bentuk dukungan terhadap rezim Bashar Assad.

Laksamana Guan You Fei mendatangi Damaskus dan menggelar pertemuan dengan menteri pertahanan Suriah Fahd Jassem Al-Freij, Ahad (14/08). Sebagaimana dilaporkan media Cina, Xinhua, sehari sesudahnya Guan juga melakukan pertemuan dengan seorang jenderal Rusia yang bertugas mengomando dukungan militer Negeri Beruang Merah terhadap rezim Assad.

Xinhua melaporkan bahwa Guan telah menyampaikan kesediaan Cina untuk meningkatkan kerjasama militer dengan Suriah. Surat kabar Global Time mengutip pernyataan Departemen Pertahanan Cina yang menyatakan bahwa kedua belah pihak menyepakati perluasan pelatihan personil militer.

“Militer Cina bersedia untuk memperkuat kerjasama dengan Suriah,” kata pihak Departeman Pertahanan Cina.

Guan saat ini menduduki jabatan Kepala Dinas Kerjasama Militer Internasional Cina. Institusinya menaungi lebih dari 2,3 juta pasukan.

Cina merupakan salah satu pendukung rezim Suriah, bersama sekutu yang lain seperti Rusia dan Iran. Sampai saat ini Beijing belum sampai menerjunkan personil militernya untuk mendukung pasukan Bashar Assad.

Meski demikian, Cina juga telah mengirimkan personil ahlinya untuk membantu pasukan rezim dalam menggunakan senjata yang dibeli dari Negeri Tirai Bambu. Senjata-senjata yang telah dikirim ke Suriah antara lain senapan penembak jitu, peluncur roket, dan senjata mesin.

Sumber : Al-Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here