Emir Kuwait Desak Negara-negara Teluk Mengakhiri Krisis Diplomatik dengan Qatar

576

Moslemtoday.com : Emir Kuwait mendesak negara-negara Teluk untuk menyelesaikan perselisihan diplomatik mereka di antara tiga anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) dengan Qatar yang sudah memasuki bulan kedelapan.

Emir Sheikh Sabah Al Ahmad Al Sabah mengatakan bahwa keadaan yang memburuk di Teluk merupakan tantangan bagi kita semua.

“Kami semua memahami masalah yang dihadapi GCC kami dan masalah ini memerlukan lebih banyak pertemuan dan konsultasi di semua tingkat. Kami tidak akan pernah bisa menghadapi tantangan ini secara sendiri,” ungkap Emir Kuwat ketika menghadiri pertemuan legislator senior GCC di Kuwait, Senin, (8/1/18), seperti dilansir dari Al Jazeera.

Emir Kuwait mengatakan : “Kita memiliki banyak kesamaan dan kita tidak akan pernah terpengaruh oleh perselisihan. Saya melihat krisis ini hanya sementara, betapapun lamanya waktu yang dibutuhkan.”

Emir Kuwait menegaskan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) akan terus beroperasi dan melaksanakan tugasnya meski ada pertengkaran ditengah anggota. Dewan ini didirikan pada tahun 1981 untuk mendorong kemitraan ekonomi, perdagangan dan keamanan yang lebih dekat di Jazirah Arab. Anggotanya adalah : Kuwait, Qatar, Oman , Arab Saudi, UEA dan Bahrain.

Arab Saudi , Bahrain dan Uni Emirat Arab, serta Mesir memutuskan hubungan diplomatik, perdagangan dan perjalanan dengan Qatar pada bulan Juni 2017 lalu. Kuwait telah menjadi mediator utama dalam krisis ini dan telah meminta pertemuan khusus untuk menyelesaikan perselisihan tersebut, namun usahanya belum berhasil sejauh ini. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here