Emir Qatar Ingin Krisis Diplomatik dengan Arab Saudi Segera Berakhir

213

Moslemtoday.com : Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani mengatakan bahwa dia sangat menyesalkan atas berlanjutnya krisis diplomatik hingga hari ini dengan negara saudaranya, Arab Saudi. Emir Qatar menginginkan agar krisis ini segera berakhir.

“Sejarah mengajarkan kita bahwa krisis ini akan berakhir. Tetapi jika ditangani dengan buruk maka krisis ini akan bertahan untuk waktu yang lama,” kata Sheikh Tamim di Dewan Syura Qatar, seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu, (7/11/2018).

“Sangat disayangkan bahwa berlanjutnya krisis ini telah menyebabkan kelemahan di GCC (Dewan Kerjasama Teluk). Peran GCC saat ini semakin lemah dalam menghadapi tantangan dan ancaman di kawasan,” ungkap Sheikh Tamim.

Pada tanggal 5 Juni 2017, Empat negara Arab (Arab Saudi , Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir) memutuskan hubungan diplomatik dan perdagangan dan memblokade jalur udara, laut dan darat dengan Qatar. Ke empat negara Arab tersebut menyebut Qatar telah melanggar kesepakatan GCC.

Sementara itu, Qatar membantah tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa blokade itu bertujuan untuk melanggar kedaulatannya.

Amerika Serikat sebagai sekutu GCC telah mencoba menengahi perselisihan tersebut namun terus gagal. Qatar sendiri merupakan rumah bagi pangkalan udara AS terbesar di Timur Tengah, pangkalan Al-Udeid.

Sementara itu, Ke empat negara pemblokade telah berulang kali mengatakan bahwa krisis akan berakhir jika Qatar memenuhi 13 daftar tuntutan negara Arab. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1440 Hjr. (2018) – Moslemtoday.co

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here