Emir Qatar : Kami Merasa Nyaman Menjalin Hubungan dengan Iran

1012
Qatar News Agency/Handout via REUTERS ATTENTION EDITORS

Moslemtoday.com : Emir Qatar, Sheikh Tamim Bin Hamad al-Thani menyambut baik kunjungan Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif ke Qatar, Selasa, (3/10/2017). Emir Tamim dan Zarif membahas hubungan kerjasama antara Qatar dan Iran.

Menurut Kantor Berita Qatar, “pertemuan tersebut menunjukkan hubungan kerja sama antara kedua negara di berbagai bidang. Selain itu, diskusi berlangsung mengenai status kawasan, termasuk kejadian terkini di kawasan Teluk,” seperti dilansir dari Al Arabiya.

Emir mengungkapkan kebahagiaannya sehubungan dengan semakin menguatnya hubungan antara Qatar dan Iran. Sheikh Tamim juga menyambut baik gagasan Iran untuk mengawasi isu-isu regional. “Penting untuk mengadakan konsultasi terus menerus dengan negara-negara di kawasan ini, termasuk Iran,” tambahnya.

Sementara itu, menteri luar negeri Iran menyampaikan harapannya dalam memperkuat hubungan antara Iran dan Qatar di segala bidang.

Pada hari Selasa, media pemerintah Iran menerbitkan gambar Zarif dalam pertemuan dengan emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani di Doha. Ini menandai perjalanan pertama Zarif ke Qatar sejak krisis diplomatik antara Qatar dengan negara tetangganya di Teluk sejak bulan Juni lalu.

“Tidak ada krisis regional yang memiliki solusi militer,” kata Zarif pada pertemuan tersebut, menurut kantor berita Tasnim Iran. Semua pihak harus memberikan prioritas pada inisiasi regional untuk memulihkan stabilitas dan keamanan kolektif.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir telah memutuskan semua hubungan dengan Qatar pada 5 Juni. Mereka menyebut Qatar mendukung dan mendanai kelompok terorisme dan semakin dekat dengan Iran. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here