Erdogan Bantah Sebut Putra Mahkota MBS Dalang Pembunuhan Khashoggi

459

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengatakan bahwa Turki telah mengklarifikasi tentang pernyataan Presiden Recep Tayyip Erdogan yang  menyebut perintah pembunuhan Jamal Khashoggi berasal dari “tingkat tertinggi kepemimpinan Saudi” tidak ditujukan kepada Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman.

“Kami telah meminta penjelasan kepada Turki tentang pernyataan “tingkat tertinggi” dan makna dari komentar-komentar ini, dan mereka menegaskan kepada kami secara pasti bahwa maksud pernyataan ini tidak ditujukan kepada Putra Mahkota,” ungkap Menlu Al-Jubeir, seperti dilansir dari Al Arabiya, Selasa, (20/11/2018).

“Kepemimpinan tertinggi kerajaan Arab Saudi diwakili oleh Raja Salman dan Putra Mahkota dan ini adalah harga diri kami. Dan kami tidak akan mengizinkan upaya untuk mencelakakan atau menyudutkan mereka,” tegas Al-Jubeir.

Menlu Al-Jubeir menambahkan bahwa Kerajaan Arab Saudi telah meminta pemerintah Turki untuk memberikan bukti apapun yang mereka miliki dalam kasus ini untuk membantu dalam penyelidikan.

“Beberapa pernyataan oleh beberapa orang Turki berkontribusi menciptakan keretakan hubungan di antara kedua negara, tetapi kami di Kerajaan tidak menginginkan hal ini,” kata Al-Jubeir.

Menlu Al-Jubeir menegaskan bahwa upaya untuk mengeksploitasi kasus Khashoggi tidak dapat diterima. “Siapa pun yang menginginkan keadilan untuk ditegakkan harus memberikan bukti kepada Pengadilan Saudi yang merupakan otoritas yang berwenang. Kami tidak menerima desas desus dan kampanye media yang ingin menjatuhkan kami,” ungkap Al-Jubeir. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1440 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here