Erdogan Bela Iran Terkait Serangan ke Kilang Minyak Saudi

2194

Moslemtoday.com : Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendesak dunia internasional untuk tidak menyalahkan Iran atas serangan terhadap dua fasilitas kilang minyak Arab Saudi. Erdogan mengatakan bukan hal yang tepat untuk menyalahkan Iran atas serangan tersebut.

“Kita perlu mengenali serangan skala ini berasal dari beberapa bagian Yaman. Tetapi jika kita hanya menempatkan seluruh beban pada Iran, itu tidak akan menjadi cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Karena bukti yang ada tidak selalu menunjukkan fakta itu, ” kata Erdogan seperti dilansir dari Al Jazeera, Kamis, (26/9/2019).

Serangan pesawat nirawak terhadap dua kilang minyak Saudi di Abqaiq dan Khurais pada 14 september lalu telah menyebabkan kerusakan yang signifikan untuk pasokan minyak global, dan telah menghentikan 5,7 juta barel per hari produksi.

Sementara itu, Menteri Negara Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengatakan bahwa Arab Saudi sedang berkonsultasi dengan mitra dan negara sekutu tentang langkah selanjutnya yang harus diambil.

Amerika Serikat, beberapa negara anggota Uni Eropa dan Arab Saudi telah mengatakan bahwa Iran berada dibalik serangan itu dan dan mendesak dunia internasional untuk mengambil tindakan tegas terhadap Iran. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here