Erdogan : Presiden Kuat Jika Parlemennya Kuat

510

Moslemtoday.com : Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa pemerintahan yang kuat membutuhkan parlemen yang kuat. Presiden Erdogan menekankan jumlah anggota parlemen dari Partai AK harus lebih dari 300 orang pada pemilu bulan Juni nanti.

“Jika kita berbicara tentang pemerintahan yang kuat, maka kita dapat menciptakan pemerintahan yang kuat jika parlemennya kuat, sehingga jumlah sangat penting dalam hal ini. Jika Anda menginginkan seorang presiden yang kuat, kita membutuhkan parlemen yang kuat,” ungkap Erdogan, seperti dilansir dari Kantor Berita Turki, Anadolu Agency, Selasa, (29/5/2018).

“Pertama-tama, jumlah anggota parlemen Partai AK di parlemen harus lebih dari 300 orang,” ujar Erdogan. Presiden Erdogan menambahkan bahwa Koalisi Rakyat yang dibentuk oleh Partai AK dan MHP akan meningkatkan solidaritas di Parlemen Turki.

Dewan Pemilu Turki telah merilis daftar kandidat yang akan bertarung memperebutkan kursi kepresidenan Turki yang akan digelar pada 24 Juni mendatang. Terdapat enam kandidat yang akan mengikuti pemilihan sebagai presiden Turki. Mereka adalah : Presiden Turki saat ini Recep Tayyip Erdogan, Muharrem Ince, Meral Aksener, Selahattin Demirtas, Temel Karamollaoglu dan Dogu Perincek.

Presiden Erdogan merupakan calon terkuat hingga saat ini dengan dukungan penuh dari koalisi dua Partai Turki, Partai Gerakan Nasionalis (MHP) dan Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) yang dipimpin Erdogan. Presiden Erdogan telah menjabat sebagai presiden Turki sejak 2014, sebelumnya Erdogan menjabat sebagai perdana menteri dari 2003 hingga 2014.

Delapan partai politik bersaing memperebutkan pemilihan umum pada 24 Juni nanti, termasuk Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa, oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP), Partai Gerakan Nasionalis, Partai Rakyat Demokratik (HDP), Partai Free Cause (Huda-Par), Partai Good (IYI) yang baru terbentuk, Partai Felicity (Saadet) dan Partai Patriotik (Vatan). (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here