Erdogan: Turki Bukan Tempat yang Aman Bagi Pengungsi Afghanistan

185

Moslemtoday.com : Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa negaranya bukan tempat yang aman bagi para pengungsi Afghanistan. Erdogan juga mengatakan bahwa Turki tidak memiliki kewajiban untuk menampung para pengungsi Afghanistan.

“Turki tidak memiliki kewajiban apa pun untuk menjadi tempat yang aman bagi para pengungsi Afghanistan,” kata Erdogan usai rapat di Kompleks Kepresidenan Ankara, Kamis, 19 Agustus 2021, seperti dilansir dari media Turki, Daily Sabah.

Menjawab kekhawatiran publik mengenai kemungkinan kedatangan gelombang pengungsi usai Taliban berhasil mengambil alih kekuasaan di Afghanistan, Erdogan mengatakan bahwa Turki akan memastikan kembalinya para pengungsi dengan aman.

“Adalah kewajiban kami kepada warga Turki untuk memastikan para pengungsi kembali dengan selamat ke negara asal mereka,” terang Erdogan.

Erdogan juga membantah klaim pihak oposisi yang mengatakan bahwa Turki telah menampung 1,5 juta pengungsi Afghanistan.

Di samping itu, Erdogan juga menegaskan komitmen negaranya terhadap stabilitas dan keamanan Afghanistan dan mengatakan Ankara siap mengadakan pembicaraan dengan pemerintah baru Afghanistan.

“Kami akan bertemu dengan pemerintah yang dibentuk oleh Taliban jika perlu dan membahas agenda bersama kami,” tambah Erdogan. (DH/MTD)

Sumber : Daily Sabah | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here