Erdogan Ucapkan Selamat pada Netanyahu, Ingin Hubungan Turki-Israel Tetap Mesra

49

Moslemtoday.com : Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengirim surat ucapan selamat kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Kamis. Dia ingin hubungan kedua negara tetap “mesra” dengan melanjutkan kerja sama yang telah terjalin.

Pemimpin Turki itu mengesampingkan ketegangan masa lalu antara kedua negara ketika Netanyahu menjadi perdana menteri saat itu. Erdogan di masa lalu mencitrakan diri sebagai pembela Palestina dan kerap melontarkan kecaman pada Israel.

“Saya mengucapkan selamat kepada Anda atas kemenangan Anda dalam pemilu dan percaya bahwa pemerintah baru akan melanjutkan kerja sama antara negara-negara di semua bidang, dengan cara yang akan membawa perdamaian dan stabilitas ke kawasan kami,” bunyi surat Erdogan, yang dibacakan seorang juru bicara Netanyahu, seperti dikutip dari The Jerusalem Post, Jumat (11/11/2022).

Erdogan pada pekan lalu mengatakan: “Kami berharap untuk mempertahankan hubungan dengan Israel secara berkelanjutan berdasarkan rasa saling menghormati kepekaan dan kepentingan bersama, tidak peduli bagaimana hasil pemilunya. Selama nilai-nilai dihormati, saya percaya diplomasi ‘win-win’ akan menguntungkan tidak hanya Turki dan Israel tetapi juga seluruh kawasan.”

Netanyahu juga mengatakan bahwa dia berencana untuk berdamai dengan lebih banyak negara Arab. Netanyahu juga menekankan bahwa nuklir Iran merupakan bahaya akut bagi Israel dan perdamaian dunia.

Sumber : The Jerusalem Post | Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here