“Eropa Harus Membeli Minyak Kami!!’, Bunyi Tuntutan Khamenei untuk Menjaga Kesepakatan Nuklir Iran

3684

Moslemtoday.com : Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei telah menetapkan syarat untuk tetap patuh pada kesepakatan nuklir Iran dengan Uni Eropa ditengah ancaman sanksi AS yang menarik diri dari kesepakatan nuklir tersebut. Khamenei menyatakan Eropa harus tetap menjaga perdagangan dengan Teheran setelah penarikan AS dari kesepakatan tersebut.

“Kekuatan Eropa harus terus membeli minyak mentah Iran, melindungi penjualan minyak Iran dari tekanan AS dan harus berjanji untuk tidak membuat negosiasi baru pada program rudal balistik Iran dan kegiatannya di Timur Tengah,” bunyi tuntutan Khamenei, seperti dilansir dari Al Jazeera, Kamis, (24/5/2018).

“Bank-bank Eropa harus menjaga perdagangan dengan Iran. Kami tidak ingin memulai perkelahian dengan ketiga negara ini [Prancis, Jerman dan Inggris], tetapi kami juga tidak terlalu mempercayai mereka,” tambah Khamenei.

“Eropa harus sepenuhnya menjamin penjualan minyak Iran. Jika sanksi Amerika dapat merusak penjualan minyak kami, Eropa harus menebusnya dengan membeli minyak kami,” tuntut Khamenei.

Khamenei memperingatkan jika Eropa tidak memenuhi tuntutan ini, Iran akan melanjutkan pengayaan uraniumnya.

Sementara itu, Eropa mengecam langkah AS keluar dari kesepakatan nuklir Iran (JCPOA). Eropa mengatakan bahwa kesepakatan JCPOA merupakan kesempatan terbaik untuk menghentikan Teheran membuat senjata nuklir.

Khamenei mengatakan bahwa selama dua tahun terakhir, Amerika Serikat telah berulang kali melanggar kesepakatan nuklir sementara orang-orang Eropa tetap diam. Dia meminta Eropa untuk berdiri bersama Iran melawan sanksi AS. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here