Festival Santet Perdunu Ditentang Keras Seniman dan Budayawan Banyuwangi

239

Moslemtoday.com : Dewan Kesenian Blambangan (DKB) Banyuwangi angkat bicara terkait deklarasi Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) di Banyuwangi. Tak hanya itu, rencana program kerja Perdunu yang bakal menggelar festival santet ditentang keras.

Ketua DKB Banyuwangi Hasan Basri mengatakan ajang Festival Santet yang bakal digelar Perdunu sedikit melukai perasaan masyarakat Banyuwangi. Karena image atau stigma Banyuwangi sebagai kota santet akan kembali terulang. Padahal, Pemerintah kabupaten telah berupaya keras merubah image itu selama 10 tahun terakhir.

“Sebenarnya membuat perkumpulan hak masyarakat tapi juga harus berpikir apakah itu nantinya melukai masyarakat lain tidak? Hendaknya berpikir kepada kepentingan yang lebih luas,” ujar Hasan kepada detikcom, Sabtu (6/2/2021).

“Pemkab dan masyarakat selama 10 tahun berdarah-darah merubah image dari kota santet ke kota internet dan wisata. Eman (sayang) jika sampai terulang lagi julukan itu,” imbuhnya.

Kegiatan festival yang identik dengan program kerja Pemkab Banyuwangi banyak digelar dalam upaya menghapus stigma negatif mistisnya Banyuwangi. Selain itu sebagai kegiatan yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat lain. Namun jika diberi embel-embel santet, akhirnya berkonotasi negatif.

Sumber : Detikcom

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here