Gempa Berkekuatan 6,2 SR Luluh Lantakkan Kota di Italia

1949

Moslemtoday.com : Italia diguncang gempa berkekuatan 6,2 skala Richter (SR) pada Rabu 23 Agustus waktu setempat. Badan Geologi Amerika Serikat mendeteksi pusat gempa terjadi di Kota Perugia dan sekitarnya. Perugia adalah kota kecil yang berada di Pegunungan Apennine.

Berdasarkan rilis BBC, Rabu (24/8/2016), gempa bumi terjadi pukul 03.36 waktu setempat. Radius guncangan terasa hingga 76 kilometer ke arah tenggara Negeri Piza.

Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer. Getarannya dikabarkan sampai ke Roma dan menggetarkan bangunan Ibu Kota selama 20 detik.

Badan Geologi Amerika Serikat (USGS) menjelaskan gempa bumi dahsyat berkekuatan 6,2 skala Richter yang terjadi di Italia bagian tengah adalah proses alami. Ketika lempengen Bumi bergeser atau menekan lempengen lainnya ke bawah, daerah sekitarnya akan terguncang.

_90901568_italy_earthquakes_relief_ma

Dalam hal ini, kawasan yang sedang mengalami pergerakan adalah lempeng Tryrhenian yang terletak antara Sisilia dan Sardeninia. Seperti diulas The Guardian, Rabu (24/8/2016), lempengan itu berupaya melakukan perluasan wilayah. Dia mendorong Eurasia menuju kawasan Afrika lebih cepat dari yang bisa dipapatkan kedua kawasan tersebut.

Departemen Perlindungan Sipil Italia mengumumkan jumlah resmi korban tewas sebanyak 73 orang, 12 jam setelah gempa terjadi. Jumlah itu diperkirakan masih akan bertambah karena puluhan orang masih belum diketahui keberadaannya.

Sumber : BBC | The Guardian

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here