Gempa Besar Guncang Turki, 18 Orang Tewas dan 500 Korban Luka-luka

503

Moslemtoday.com : Gempa besar berkekuatan 6.8 SR mengguncang kota Sivrice di Provinsi Elazig, Turki. Elazig terletak sekitar 750 km (465 mil) di timur ibukota, Ankara. Gempa terjadi pada pukul 20.55 waktu setempat (17.55 GMT) pada kedalaman 6.7km (4.1 mil). Gempa kemudian diikuti oleh beberapa gempa susulan, dengan kekuatan 5.1 sampai 5.4 SR, getaran gempa juga dirasakan di Suriah, Georgia dan Armenia.

Berdasarkan data terbaru, korban tewas telah berjumlah 18 orang dan lebih dari 500 orang mengalami luka-luka, sementara itu masih ada puluhan orang lainnya terjebak di dalam puing-puing bangunan yang roboh. Ratusan penduduk telah kehilangan tempat tinggal dan banyak rumah mereka yang rusak parah.

“Tim penyelamat telah dikirim ke daerah yang terkena dampak, bekerja dalam kegelapan malam dengan lampu sorot dalam cuaca yang sangat dingin,” kata Menteri Pertahanan Hulusi Akar dengan menambahkan bahwa tentara Turki telah dikerahkan untuk membantu korban, seperti dilansir dari Al Jazeera, Sabtu, (25/1/2020).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa semua langkah telah diambil untuk memastikan bahwa gempa bumi yang terjadi di Elazig dan dirasakan di banyak provinsi dapat diatasi dengan cepat.

Turki berada di atas dua garis patahan utama dan gempa bumi sering terjadi. Dua gempa besar telah pernah melanda Turki barat laut pada tahun 1999, dan menewaskan sekitar 18.000 orang. Gempa berkekuatan 6 SR juga pernah terjadi di Elazig pada tahun 2010 dan menewaskan 51 orang. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here