Google Banned Aplikasi Ini Karena Memuat Fatwa Syaikh Yusuf Qardhawi

110

Moslemtoday.com : Euro Fatwa, aplikasi yang dikembangkan oleh European Council for Fatwa and Research (ECFR) telah dihapus dari play store oleh Google karena memuat fatwa Syaikh Yusuf Qardhawi. Syaikh Yusuf Qardhawi merupakan ulama kharismatik gerakan Ikhwanul Muslimin yang oleh beberapa negara telah ditetapkan sebagai organisasi teroris.

Aplikasi Euro Fatwa merupakan panduan Fiqih ringkas dalam bentuk aplikasi yang dibuat untuk memudahkan Muslim Eropa dalam mempelajari ajaran Islam dan melaksanakan tugas mereka sebagai seorang muslim, sambil menjaga kekhasan hukum, adat dan budaya masyarakat Eropa.

European Council for Fatwa and Research (ECFR) atau Dewan Eropa untuk Fatwa dan Penelitian yang berbasis di Dublin, meluncurkan aplikasi ini pada bulan lalu menjelang Ramadhan. Aplikasi ini masih tersedia di App Store Apple ketika redaksi Moslemtoday.com mencoba untuk mengakses situs tersebut. Sedangkan di Google Play Store aplikasi ini sudah tidak tersedia.

Dalam pengantar aplikasi, Syaikh Yusuf Qardhawi membuat artikel anti-Semit (Yahudi). Syaikh Yusuf Qardhawi, yang telah menetap di Qatar sejak 1961, telah dibanned oleh Inggris dan Prancis karena dukungannya terhadap pandangan ekstremis.

Sementara itu, Google dalam rilisnya mengatakan bahwa aplikasi tersebut mengandung konten kekerasan dan pidato kebencian (hate speech).

“Meskipun kami tidak dapat mengomentari aplikasi secara individual, kami akan mengambil tindakan cepat terhadap aplikasi apa pun yang melanggar kebijakan kami setelah kami mendapatkan laporan tentang aplikasi tersebut, termasuk yang mengandung pidato kebencian,” kata juru bicara Google, seperti dilansir dari Arabnews, Jumat, (17/5/2019).

Dalam beberapa fatwa kontroversialnya, Syaikh Yusuf Qaradawi telah membenarkan pemboman bunuh diri, terutama di Palestina dan menggambarkan bom bunuh diri sebagai bentuk jihad yang lebih tinggi di situs webnya. (DH/MTD)

Sumber : Arabnews | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here