H. Alizar Pemateri Dialog Forum Lintas Agama (full day)

53

Padang Panjang, Humas_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga mewakili Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat sekaligus sebagai pemateri dalam kegiatan Dialog Forum Lintas Agama selama 1 (satu) hari atau Full day di Hotel Rangkayo Basa Padang Panjang, Rabu (22/12/2021).

Dalam sambutannya Kakankemenag menyampaikan bahwa, “Indonesia dilahirkan dari rahim ibu pertiwi yang dibingkai dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dibesarkan dan dirawat dengan Bhinneka Tunggal Ika. Jika ada perbedaan harus dikomunikasikan dengan dialog, sehingga perbedaan menjadi kekuatan untuk merawat NKRI,” ujarnya.

“Kita harus menyadari bahwa Indonesia adalah negara indah yang banyak diminati oleh negara luar, maka dari itu harus kita jaga dan kita bela bersama,” tukasnya.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 30 orang yang terdiri dari ketua/pengurus organisasi keagamaan serta organisasi kemasyarakatan lintas agama di Kota Padang Panjang.

Pemateri dalam kegiatan ini selain H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga, juga menghadirkan Prof. Dr. Duski Samad, M. Ag yang merupakan Dosen Akademisi, ulama dan pendakwah Indonesia dari Sumatera Barat.

H. Duski Samad dalam materinya menyampaikan bahwa, “untuk memelihara kerukunan kita harus menerapkan konsep sebagaimana semestinya (Ba’a Nan Taralah) artinya setiap proses telah mengalir secara natural. Umat Islam ke Masjid dan umat lainnya ketempat Ibadah masing-masing dengan aman dan nyaman”, ujarnya.

“Inilah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam berbicara tentang toleransi,” jelasnya.

Kegiatan ini diangkatkan berdasarkan DIPA Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Nomor : SP-DIPA-025.01.2.299275.054F/2021 tanggal 23 November 2021.

Pelaksanaan kegiatan ini tetap mematuhi protokoler kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak serta untuk peserta diwajibkan membawa hand sanitizer.

Kegiatan ini berlangsung selama 1 (satu) hari atau Full day yang dipandu oleh Kasubbag Ortala dan KUB Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat bersama Kasubbag TU Kankemenag Kota Padang Panjang H. Bustami.(Adi)

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here