Haji adalah Ibadah, Kedermawanan, Keramahan, dan Kemanusiaan bukan “Slogan Politik”

144

Haji adalah Ibadah, Kedermawanan, Keramahan, dan Kemanusiaan bukan “Slogan Politik”

Oleh : Bader Al – Juhani

Memasuki musim haji tahun ini, Kerajaan Arab Saudi melalui kepemimpinan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud memberikan pelayanan maksimal untuk para jamaah di semua bidang agar para jamaah mendapatkan kenyamanan, keamanan dan keselamatan selama melakukan ibadah haji di Tanah Suci.

Jalan-jalan menuju dan dari tempat-tempat suci dibangun dengan gaya geometris yang sangat canggih yang melayani semua orang dan selaras dengan sifat geografis daerah tersebut serta daerah sekitar Mekah.

“Salah satu layanan terbaru yang diberikan oleh Kerajaan adalah Kereta Al-Haramain. Fasilitas ini merupakan kereta cepat dengan rute bolak-balik Mekah-Madinah setiap harinya. Di samping itu, Kerajaan juga menyediakan sarana transportasi lainnya seperti bus untuk memberi kemudahan bagi para jamaah. Ada banyak layanan yang diberikan Kerajaan Saudi untuk memberikan kenyamanan dan jaminan kepada para jamaah haji.

Raja Salman mengatakan bahwa haji adalah ibadah dan itu tidak akan terbantahkan. Haji bukan tempat untuk mengangkat slogan-slogan politik, partisan dan sektarian.

“Anda tidak akan menerima kesalahan atau perilaku yang tidak dapat diterima selama musim haji. Haji untuk beribadah dan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Haji tidak untuk pertempuran politik atau kecemburuan,” ungkap Raja Salman, seperti dilansir dari Al Watan, Selasa, (23/7/2019).

Mereka yang meragukan kemampuan kerajaan untuk mengelola ibadah haji harus melihat dengan mata kepala mereka sendiri bagaimana layanan maksimal yang diberikan oleh Kerajaan untuk memfasilitasi semua para jamaah haji.

Para jamaah disambut dengan bunga dan diberikan air zam-zam. Para jamaah juga mendapatkan souvenir dari Kerajaan berupa Mushaf Al-Quran Al Karim sebagai hadiah dari Tanah Suci.

Uniknya pada musim haji tahun ini, Raja Salman memberikan hadiah khusus untuk lelaki tua Indonesia berusia 94 tahun dan keluarganya untuk melakukan ibadah haji setelah viralnya video kakek tua tersebut yang meminta dinaikkan haji oleh Raja Salman.

Demikianlah rasa kemanusiaan dan kemurahan hati Raja Salman dalam melayani Islam dan Kaum Muslimin, semoga Allah memberikan perlindungan kepadanya, keluarganya, anak-anaknya dan kaum muslimin dimana saja berada.

Sumber : Al Watan | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here