Hakikat Perseteruan Daulah Su’ud dan Khilafah Utsmaniyah

424

Menurut Zakariya Sulaiman Bayumi, sejarawan Mesir dari Univ. Manshurah, Daulah Su’ud TIDAK MENUNTUT kekhilafahan dan tidak juga memberontak kepada Khilafah Utsmaniyah.
Hakekat perselisihan itu sesungguhnya ada 2:
1. Adanya tuntutan Daulah Su’ud agar jamaah haji menjalankan haji dengan tidak melakukan pelanggaran2 syariat.
2. Adanya rasa gengsi dari pemerintah Utsmani karena lemahnya pengaruh mereka di Tanah Suci, dan justru lemah di hadapan Daulah Su’ud.

Ini juga ditegaskan sejarawan Ali as-Shalabi bhw hubungan keduanya bukan karena pemberontakan. Pemerintah Utsmani di Istanbul terpancing dengan informasi/surat2 dari pihak yang tidak senang dengan Daulah Su’ud. Rekayasa utk menimbulkan kebencian pemerintah Utsmani ini dilakukan oleh Inggris dibantu oleh bekas penguasa Jeddah sebelumnya. Bahkan di halaman 156 buku ini, Zakariya menegaskan bahwa pihak yang paling terganggu kepentingannya dengan Daulah Su’ud ini adalah Inggris.

Problem terbesar Turki Utsmani saat itu bukan Daulah Su’ud tapi dari Muhammad Ali Pasha yang menjadi gubernur Mesir. Muhammad Ali inilah yang disuruh menghabisi Daulah Su’ud oleh pemerintah Utsmani. Belakangan, Muhammad Ali memberontak kepada pemerintah Utsmani dalam arti sesungguhnya. Puluhan ribu tentaranya menyerbu wilayah2 Turki Utsmani hingga jarak mereka dengan Istanbul hanya 200 km saja. Pembangkangan dan pemberontakan inilah, jika dilihat secara keseluruhan, menjadi sebab pokok lemahnya Turki Utsmani hingga runtuhnya.

Lalu mengapa pemberontakan Muhammad Ali yang sangat dahsyat itu kurang dibahas khususnya sejarawan barat? Jawabannya ada pada buku Zakariya di atas: karena Muhammad Ali seorang freemason dan menjalankan agenda salibis!

Begitu pula pembenci “Wahabi” jarang mengulas pemberontakan Muhammad Ali. Padahal, kekejaman Muhammad Ali jauh melampaui “kekejaman” Daulah Su’ud (pake double-quote).

Catatan:
– Simpulan yang mirip dengan Zakariya di atas, juga dapat dibaca pada buku Eugene Rogan berjudul “The Arabs, A History”, serta buku-buku sejarah lainnya.

Link download:
– buku Qiraah Jadidah fi Tariikh Utsmaniyyin
https://archive.org/details/qeraa_jadida_fi_tarikh_al-othmanieen

Oleh : Ibnu Rajab

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here