Hamas Bangun Zona Keamanan Militer di Perbatasan Gaza-Mesir

1473

Moslemtoday.com : Hamas yang memerintah wilayah Gaza, Palestina mulai membangun zona keamanan militer di perbatasan Gaza-Mesir, dengan mengatakan bahwa “keamanan nasional Mesir adalah keamanan nasional Palestina”.

Wakil Menteri Dalam Negeri Gaza, Sheikh Taufiq Abu Na’im, mengatakan pada hari Rabu, (28/6/2017) bahwa tujuan pembangunan zona penyangga ini adalah untuk mengontrol daerah perbatasan dan meningkatkan keamanan di wilayah perbatasan dengan Mesir.

Langkah-langkah tersebut merupakan bagian dari kesepakatan yang dicapai dengan Mesir. “Kami telah berbicara dengan Mesir bahwa kami berkomitmen untuk sepenuhnya memastikan keamanan perbatasan, rencana tersebut mencakup mensterilkan area seluas 12 KM yang dekat dengan perbatasan Mesir, menempatkan menara pengintai dan CCTV di sepanjang perbatasan,” ungkap Sheikh Na’im.

Dia menegaskan bahwa pembangunan zona militer tertutup sepanjang 12 kilometer dan lebar 100 m tersebut bertujuan untuk mencegah penyelundupan obat-obatan terlarang dan penyusupan orang dari dan ke Mesir.

Awal bulan ini, Delegasi Hamas yang memerintah Gaza melakukan perundingan di Kairo untuk mengamankan perbatasan antara Gaza-Mesir. Pertemuan yang unik, karena hubungan antara Kairo dan Hamas memburuk setelah Tentara Mesir 2013 menggulingkan Ikhwanul Muslimin sedang berkuasa, dimana Hamas merupakan cabang IM di Palestina.

Mesir sejak itu menuduh Hamas terlibat dalam serangan di negara tersebut, namun tuduhan itu ditolah oleh Hamas. Dan dalam beberapa bulan terakhir, hubungan antara Gaza dan Kairo agak membaik, dengan Hamas mengumumkan sebuah piagam kebijakan baru yang memisahkan diri dari Ikhwanul Muslimin yang sekarang masuk daftar teroris Mesir. Pemisahan diri ini dipandang bertujuan untuk memperbaiki hubungan dengan Mesir.

Pekan lalu, Mesir mulai mengirimkan satu juta liter bahan bakar ke Gaza, untuk membantu mengurangi krisis listrik yang melanda Gaza karena adanya pemutusan hubungan listrik oleh Israel, yang telah membuat dua juta penduduk Gaza hanya bisa memiliki pasokan listrik beberapa jam per hari. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Weblink : http://www.aljazeera.com/news/2017/06/hamas-creates-security-zone-border-egypt-170628134328230.html

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here