Hamid Karzai: AS adalah Akar Masalah dari Seluruh Konflik di Afghanistan

82

Moslemtoday.com : Mantan presiden Afganistan, Hamid Karzai mengatakan bahwa kesalahan fatal telah dibuat Amerika Serikat di negaranya yaitu memberikan harapan bahwa negosiasi-negosiasi yang berlangsung di internal Afganistan dengan Taliban yang mana dimediasi oleh Washington akan memberikan perdamaian abadi.

“Kesalahan fatal telah dibuat Amerika Serikat. Mereka tidak berperang terhadap terorisme tetapi malah melukai dan menangkapi orang-orang Afghanistan,” ungkap Karzai, seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (7/9/2020).

“Mereka juga membom desa-desa Afghanistan, hal tersebut menjadi akar masalah yang kami hadapi sekarang dan itu menjadi penolakan saya kepada Amerika Serikat,” tambah Karzai.

Karzai menjadi presiden Afganistan setelah invasi yang dipimpin AS pada tahun 2001. Karzai mendukung wacana perdamaian antara ke dua belah pihak yang berseteru untuk mengakhiri perang yang sudah berlangsung kurang lebih dua dekade di Afganistan.

“Untuk memulai perbincangan, hal yang paling penting dalam suatu kesepakatan adalah penghentian permusuhan dan pertikaian internal di Afghanistan, dan penarikan pasukan AS serta kembalinya Afghanistan ke dialog internal dan wacana perdamaian. Hal ini merupakan prinsip dasar yang kami setujui,” ungkap Karzai.

“Aspirasi-aspirasi untuk Afghanistan sama, yaitu kedamaian, kestabilan dan persatuan. Sekarang bagaimana untuk bekerja, memerintah dan bergerak menuju hal tersebut, mungkin ada beberapa perbedaan pemahaman, yaitu pemahaman dari nilai-nilai tertentu dalam masyarakat, pemahaman bagaimana memulai kemajuan. Kemajuan ini yang perlu didiskusikan, dan saya yakin kesepakatan akan terbentuk,” tambah mantan Presiden tersebut. (LBS/MTD)

Sumber : Al Arabiya
Kontributor : Luli Bangkit Sugito
Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here