Harga Minyak Naik Ekonomi Saudi tumbuh 2,21 persen pada 2018

87
Sebuah mobil melewati situs konstruksi Metro Riyadh dan Distrik Keuangan Raja Abdullah di Riyadh, Arab Saudi, 12 November 2017. REUTERS / Faisal Al Nasser

Moslemtoday.com : Ekonomi Arab Saudi tumbuh pada laju 2,21 persen pada tahun 2018, pulih dari kontraksi pada tahun sebelumnya, dibantu oleh harga minyak yang lebih tinggi, data pemerintah menunjukkan pada hari Kamis. seperti dilansir dari Reuters, Kamis, (31/1/2019).

Sektor minyak tumbuh 2,85 persen dari kontraksi pada 2017, sementara sektor non-minyak tumbuh 2,05 persen, data menunjukkan.

Ekonomi Saudi pulih tahun lalu setelah terpukul keras dalam beberapa tahun terakhir oleh harga minyak yang rendah dan langkah-langkah penghematan negara yang diperkenalkan untuk mengekang defisit anggaran yang sangat besar. Pada 2017, itu menyusut 0,74 persen untuk pertama kalinya sejak krisis keuangan global hampir satu dekade sebelumnya.

Disisi lain Harga minyak naik untuk hari ketiga pada hari Kamis, didorong oleh impor yang lebih rendah ke Amerika Serikat di tengah upaya OPEC untuk memperketat pasar, dan ketika Venezuela berjuang untuk menjaga ekspor minyak mentahnya setelah Washington memberlakukan sanksi pada negara.

Kenaikan harga terjadi setelah laporan dari Administrasi Informasi Energi AS (EIA) pada hari Rabu menunjukkan penurunan pasokan minyak mentah Saudi ke Amerika Serikat.

Arab Saudi adalah pemimpin de-facto dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), yang bersama-sama dengan beberapa produsen non-OPEC, termasuk Rusia, mengumumkan pengurangan pasokan akhir tahun lalu yang bertujuan memperketat pasar dan menopang harga.

Sumber : Reuters | Redaktur : Fairuz syaugi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here