Hendak Serang Warga Sipil, Koalisi Saudi Gagalkan Gempuran Roket Houthi

1499

Moslemtoday.com : Jet tempur dari koalisi pimpinan Saudi menargetkan dan menghancurkan peluncur roket yang diluncurkan oleh militan Syiah Houthi di Kota Marib, Yaman. Pusat informasi dari Tentara Nasional Yaman mengatakan bahwa serangan udara tersebut telah mengenai target.

Peluncur roket mobile digunakan oleh militan Houthi dan faksi yang mendukung Presiden Ali Abdullah Saleh untuk menyerang daerah-daerah penduduk.

Menurut sebuah pernyataan resmi, para militan meletakkan peluncur di area yang berlokasi antara Sanaa dan Marib dengan tujuan untuk melanggar gencatan senjata. Selain itu, pesawat koalisi juga telah menargetkan dua kendaraan militer pada tempat yang sama.

Sebelum ini, diklaim bahwa milisi pemberontak telah meluncurkan tiga roket ke arah Marib tetapi sistem pertahanan tentara Yaman berhasil mencegat roket tersebut dan menggagalkan serangan terhadap daerah pemukiman. Terkait serangan ini, pihak koalisi belum dapat memberikan komentar terkait hal ini. Demikian sebagaimana dilansir Middle East Monitor, Sabtu (22/10/2016).

Pada Senin 17 Oktober, PBB mengumumkan rencana untuk melakukan gencatan senjata antara pihak yang bertikai di Yama, yang akan mulai diperlakukan pada Rabu tengah malam 19 Oktober.

Utusan khusus PBB untuk Yaman, Ismail Ould Cheikh Ahmed mengatakan ia telah menerima jaminan dari semua pihak bahwa mereka akan menghormati gencatan senjata. Namun, koalisi Saudi yang dipimpin mengklaim bahwa Houthi dan milisi Saleh telah melakukan lebih dari 1.000 pelanggaran gencatan senjata.

Sumber : MEMO | Weblink : https://www.middleeastmonitor.com/20161022-saudi-led-coalition-targets-houthi-rocket-launcher/

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here