Hizbullah Tuduh Arab Saudi Biayai ISIS dan Penyebab Konflik di Yaman

1473
Hasan Nasullah - Pemimpin Syi'ah Hizbullah Lebanon

Moslemtoday.com : Pemimpin gerakan Syiah Lebanon Hizbullah, Hassan Nasrallah, menuduh Arab Saudi membiayai kelompok teror ISIS dan melakukan kekejaman di Yaman yang dilanda perang. Nasrallah menggambarkan tindakan Riyadh sebagai “negara teror”.

Sekretaris Jenderal gerakan Syiah Lebanon Hizbullah menyatakan bahwa kebijakan Saudi di Yaman, serta dugaan dukungan negara untuk kelompok teror Daesh, yang dilarang di Rusia, dapat dianggap sebagai terorisme negara.

“Perang yang dilancarkan oleh Arab Saudi di Yaman adalah teror negara yang nyata. ISIS berasal dari Arab Saudi dan dibiayai oleh orang Saudi,” kata Nasrallah dalam pidatonya pada peringatan 17 tahun pembebasan Lebanon selatan dari Israel dikutip dari Sputniknews, Jumat (26/5/2017).

Dari sudut pandangnya, kepala Hizbullah percaya Arab Saudi gagal memenuhi tujuannya di wilayah tersebut dengan memungkinkan pembentukan tentara militan radikal.

“Hari ini dunia menganggap Arab Saudi sebagai pusat ideologi Takfiri dan sponsor utama kelompok radikal,” kata pemimpin Hizbullah tersebut.

Ia mengatakan bahwa Arab Saudi membutuhkan dukungan Amerika Serikat (AS) untuk mempertahankan posisinya di wilayah tersebut dan melawan Iran.

Gerakan Hizbullah didukung oleh Iran, yang saat ini bentrok dengan Arab Saudi atas dukungan mereka terhadap berbagai pihak dalam konflik Yaman dan Suriah. Iran juga mengkritik Arab Saudi atas kebijakannya terhadap populasi Syiah di negara tersebut. (DH/SND)

Sumber : Sputniknews

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here