Hoax Or Not?? Heboh Suhu Panas Ekstrem di Kuwait Bikin Pohon Terbakar

858

Hoax Or Not?? Heboh Suhu Panas Ekstrem di Kuwait Bikin Pohon Terbakar

Moslemtoday.com : Foto dan video pohon serta semak-semak terbakar serta lampu lalu lintas meleleh yang disebut terjadi di Kuwait ramai beredar di media sosial. Katanya, suhu di Kuwait yang mencapai 62 derajat Celsius menjadi penyebabnya. Hoax atau beneran?

Isu

Dalam sepekan terakhir, beredar foto dan video di Facebook yang memperlihatkan pohon dan semak-semak terbakar dengan disertai judul ‘Suhu Di Kuwait Mencapai 62C, Pohon Dan Semak-Semak Sampai Terbakar’. Foto itu berasal dari akun Facebook bernama Sami Khan pada 3 Agustus 2017.

“Kuwait burning. Temp hit 62c. Bushes and trees burnt out,” demikian tulisan di akun Facebook Sami Khan.

Sami Khan hanya menampilkan screenshot video. Video sebenarnya ada di YouTube dengan judul yang sama. Video itu memperlihatkan pohon di pinggir jalan terbakar dan terdengar seseorang berbahasa Arab berbicara di video itu.

Ada pula foto lampu lalu lintas meleleh yang beredar. Foto itu disebut juga ada di Kuwait akibat suhu panas.

Investigasi

Soal video pohon terbakar, situs berita Alweeam menyebut kejadian itu ada di Jalan Sultana di Madinah. Pohon palem tersebut terbakar akibat tersambar petir, bukan karena suhu panas.

Sementara itu, soal video kedua, yaitu video semak-semak terbakar, media lokal Alrai Media menyebut semak-semak itu memang berada di Kuwait. Belum diketahui penyebab kebakarannya, namun tidak ada bukti bahwa semak-semak itu terbakar karena suhu panas. Lampu lalu lintas meleleh juga terjadi di Kuwait, namun itu akibat kebakaran mobil.

Di Kuwait sendiri, foto, video, dan kabar soal suhu 62 derajat Celsius itu beredar sejak Juli 2016. Media Kuwait Times memberitakan bahwa tidak benar suhu di Kuwait mencapai 62 derajat Celcius. Foto pohon terbakar dan lampu lalu lintas meleleh itu disebut bukan akibat suhu panas.

“Jangan percaya berita bohong. Itu tidak benar,” kata Kepala Fintas Weather Observatory Adel Al-Saadoun menanggapi heboh kabar suhu di Kuwait mencapai 62 derajat Celsius.

Al-Saadoun mengatakan suhu terpanas di Kuwait adalah 52 derajat Celsius. Tidak pernah sepanjang sejarah, suhu di Kuwait mencapai 62 derajat Celsius.

Berdasarkan catatan World Meteorological Organization (WMO) PBB, suhu terpanas di Kuwait adalah 54 derajat Celsius, yang tercatat pada Juli 2016. Sementara itu, WMO mencatat temperatur tertinggi yang tercatat di bumi adalah 56,7 derajat Celsius pada 10 Juli 1913 di Furnace Creek, California.

Itu berarti, belum pernah suhu di bumi ini mencapai 62 derajat Celsius.

Kesimpulan

Kabar bahwa suhu di Kuwait mencapai 62 derajat Celsius adalah hoax. Memang benar ada pohon terbakar, semak-semak terbakar, dan lampu lalu lintas meleleh, namun hal itu bukan karena suhu panas.

 Sumber : Detikcom

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here