Houthi Sandera Puluhan Jurnalis di Ibukota Sanaa, Yaman

647

Moslemtoday.com : Pemberontak Houthi di Yaman telah mennyandera puluhan jurnalis selama berhari-hari di sebuah stasiun televisi di ibukota Sanaa. Badan Pengawas Media Yaman menuntut Houthi untuk membebaskan mereka segera.

Menurut laporan Reporters Without Borders ( RSF ), Houthi meluncurkan serangan granat berpeluncur roket di stasiun TV Yaman Al Youm di Sanaa pada hari Sabtu. Kemudian menyerbu stasiun TV tersebut dan menyandera 41 karyawan di dalamnya.

Tiga petugas keamanan terluka dalam serangan tersebut. “Kami mengecam tindakan kekerasan terhadap jurnalis oleh Huthi, yang merupakan pelanggaran serius terhadap Konvensi Jenewa,” ungkap Alexandra El Khazen, kepala RSF Timur Tengah, seperti dilansir dari Al Jazeera, Rabu, (6/12/17).

“Penyanderaan ini sudah menjadi ciri khas permusuhan Houthi terhadap jurnalistik yang sering menjadi sasaran konflik ini. Kami meminta pemberontak Houthi untuk segera membebaskan para jurnalis saluran TV tersebut.”

Serangan dan penyanderaan tersebut terjadi di tengah meningkatnya ketegangan setelah pasukan pro-Saleh memutuskan hubungan koalisi dengan Houthi dan memilih mendukung pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi. .

Yaman Al Youm TV dilaporkan berafiliasi dengan Kongres Rakyat Umum, partai Saleh. Sumber RSF mengatakan bahwa para jurnalis TV tersebut dipaksa untuk menyerahkan kode akses saluran TV, yang memungkinkan Houthi menyiarkan konten mereka sendiri.

Yaman berada di peringkat 166 dari 180 negara di Indeks Kebebasan Pers Dunia 2017 di RSF. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here