Hubungan NasDem-Demokrat-PKS Disebut Memanas, Anies Bakal Gagal Jadi Capres?

252

Moslemtoday.com : Partai NasDem, PKS, serta Demokrat sampai hari ini belum mengumumkan secara resmi deklarasi bersama mengusung Anies Baswedan sebagai Capres. Alih-alih semakin mesra, hubungannya diisukan semakin memanas.

Hal ini dipicu pernyataan Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali yang menyebut, jika ada yang mengajukan syarat terlebih memaksakan nama atau kadernya sebagai cawapres pendamping Anies, maka koalisi bakal bubar.

Bahkan sebelum ini, berkali-kali ada pernyataan segera mengumumkan deklarasi bersama, namun hal itu juga langsung dibantah. Entah, PKS maupun dari Demokrat.

Demokrat disebut mengusulkan nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sedangkan, PKS juga tak mau kalah untuk memasang nama Ahmad Heriyawan (Aher).

“Saya melihat bahwa soal cawapres ini memang belum ketemu. Bisa jadi memang NasDem tak menginginkan sosok AHY, sehingga koalisi itu belum terbentuk,” kata Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, Kamis (12/1/2023).

Ujang mengingatkan, jika memang ingin membentuk koalisi, maka harus bisa meninggalkan ego masing-masing dan bersatu. Karena yang dirugikan adalah bakal calon presiden Anies Baswedan.

“Kalau saling keukeuh, saling tolak, dan saling tidak terima, koalisi tidak akan terbentuk. Dan akan merugikan Anies Baswedan,” ungkap Ujang.

Seandainya, NasDem juga tak mendapat titik temu dengan kedua parpol tersebut, bisa membuat mereka dengan Anies ketinggalan gerbong.

“Prinsipnya kalau ingin berkoalisi, ingin bersatu, harus mengalah satu sama lain dan mencari figur yang terbaik dan cawapres yang cocok untuk Anies Baswedan dan harus menang,” kata Ujang.

Sementara itu, menanggapi isu tersebut, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau yang lebih akrab disapa AHY membantah dengan keras bahwa Partai Demokrat memaksakan sosok Cawapres harus dari Partai Demokrat. (Lihat juga : (Video) AHY: Partai Demokrat Tidak akan Memaksa soal Cawapres Anies Baswedan)

“Yang jelas begini, bahwa tidak boleh dalam ikhtiar membangun koalisi ada yang saling memaksakan kehendak, saling memaksakan diri. Kami sepakat untuk tidak seperti itu,” ungkap AHY usai menyampaikan konferensi pers awal tahun Partai Demokrat di Kantor DPP Partai Demokrat, Kamis, (12/1/2023).

Sumber : Liputan6.com | Weblink : https://www.liputan6.com/news/read/5178653/hubungan-nasdem-demokrat-pks-memanas-anies-baswedan-bakal-gagal-jadi-capres-2024

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here