IAEA Dukung Pengembangan Nuklir Arab Saudi

67

Moslemtoday.com : Badan Energi Atom Internasional (IAEA) menyatakan dukungan terhadap Arab Saudi untuk mengembangkan energi nuklir. IAEA mengatakan bahwa Kerajaan Arab Saudi telah menyiapkan energi nuklir dan mereka mendukungnya.

“Arab Saudi tertarik dengan energi nuklir dan kami berusaha mendukungnya dengan menyediakan bantuan yang dibutuhkan,” ungkap pernyataan Direktur IAEA, Rafael Grossi, seperti dilansir dari Middle East Monitor, Kamis, (10/9/2020).

Pernyataan tersebut menyatakan bahwa tujuan Arab Saudi membangun teknologi nuklir adalah untuk tujuan perdamaian dan penggunaan tenaga nuklir untuk membuat variasi campuran energi.

Hal ini mungkin menjadi pukulan bagi Israel. Negara Zionis itu sebelumnya telah menyatakan kekhawatiran terhadap pembangunan teknologi nuklir oleh Arab Saudi. Kekhawatiran ini disampaikan kepada AS pada saat upaya normalisasi hubungan dengan UEA.

Arab Saudi telah berkerja sama dengan China dalam membangun program nuklirnya. Arab Saudi sedang berupaya mencari energi alternatif pengganti minyak bumi. Arab Saudi melihat Israel berupaya menghalangi langkah mereka yang menjadi penghalang terbesar bagi ke dua negara untuk menormalisasi hubungan. (LBS/MTD)

Sumber : Middle East Monitor
Kontributor : Luli Bangkit Sugito
Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here