IAKMI: Vaksin Nusantara Sangat Berisiko Jika Diterapkan untuk Vaksinasi Covid-19

137
A Canadian company has claimed it’s got the vaccine that will cure the deadly coronavirus. Picture: AP Photo/Jessica HillSource:AP

Moslemtoday.com : Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra mengatakan kehadiran vaksin Nusantara sangat berisiko jika diterapkan untuk vaksinasi Covid-19.

“Itu sangat berisiko untuk diterapkan divaksinasi. Jadi sangat gegabah saya pikir untuk membicarakan vaksin Nusantara, lebih baik mempertanyakan progres vaksin Merah Putih,” kata Hermawan pada Minggu (2/21/2021), seperti dilansir dari Beritasatu.com.

Hermawan menyebutkan, kehadiran vaksin Nusantara menimbulkan kontroversi sejak awal. Sebab, nilai pendekatan ilmiah yang tidak memadai, karena menggunakan terapi kanker untuk disertakan di dalam antigen bahan dasar virus yang akan dimasukan ke dalam vaksin.

Hermawan mengharapkan pemerintah sebaiknya serius mendukung, memantau, dan mempertajam progres untuk vaksin Merah Putih yang sejak awal menjadi andalan negara.

“Jadi ketimbang kita berbicara vaksin Nusantara yang tidak melibatkan institusi utama seperti Bio Farma, Lembaga Eijkman, dan beberapa perguruan tinggi resmi, lebih baik memprioritaskan vaksin Merah Putih. Karena vaksin Merah Putih didorong lebih awal dan dikomitmenkan lebih awal, tetapi tidak populer sekarang,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, tim peneliti vaksin Merah Putih kembangkan oleh para ahli dari 6 institusi yang meliputi; Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) serta dari perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sumber : Beritasatu.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here