Ikuti Indonesia, Malaysia Juga Membatalkan Keberangkatan Haji Tahun Ini

156

Moslemtoday.com : Pemerintah Malaysia juga memutuskan tidak memberangkatkan jemaah haji tahun 2020 ke Arab Saudi di tengah kekhawatiran Pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir. Keputusan Malaysia mengikuti langkah-langkah negara tetangganya Indonesia, yang merupakan negara dengan mayoritas berpenduduk Muslim di kawasan Asia Tenggara.

“Saya berharap para Jemaah terus bersabar dan menerima keputusan ini,” kata Menteri Agama Zulkifli Mohamad Al-Bakri, seperti dilansir dari Al Jazeera, Kamis, (11/6/2020).

“Malaysia mengambil keputusan ini karena resiko penularan Covid-19 masih sangat besar sedangkan vaksin untuk mengobatinya belum ditemukan,” tambah Zulkifli.

“Berdasarkan briefing oleh Kementerian Kesehatan Malaysia, Lembaga Tabungan Haji dan Rapat Komite Dewan Nasional untuk Urusan Agama Islam yang diadakan pada 9 Juni maka ibadah haji tahun 1441 H ditunda. Ini adalah keputusan yang sulit karena kami tahu melakukan haji adalah sangat penting bagi umat Islam,” ungkap Zulkifli seperti dilansir dari The Star.

Zulkifli mengatakan ajaran Islam mengajarkan bahwa melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan atau bahaya harus terlebih dahulu dihindari. “Melakukan ibadah haji, terkait erat dengan konsep istito’ah atau kemampuan melakukan ziarah dalam hal kesehatan, keselamatan, izin untuk melakukan perjalanan ke Tanah Suci serta keuangan. Tanpa kemampuan dalam hal-hal yang disebutkan, maka tidak wajib melakukan ibadah haji,” tambah Zulkifli.

Keputusan ini akan berdampak kepada 31.600 jemaah Haji Malaysia. Sementara itu, perkembangan terkini jumlah kasus positif Covid-19 di Malaysia adalah sebanyak 8.369 orang dengan total kematian sebanyak 118 orang.

Setiap tahunnya, Malaysia mengirim puluhan ribu Jemaah Haji ke Arab Saudi. Sama dengan Indonesia, Jemaah Haji Malaysia juga mengalami masa tunggu hingga 20 tahun karena keterbatasan kuota untuk melakukan ibadah Haji. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera, The Star | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here