Ikuti Jejak AS, Guatemala akan pindahkan Kedutaannya dari Tel Aviv ke Jerusalem

396

Moslemtoday.com : Guatemala akan memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Jerusalem. Presiden Jimmy Morales menjadi pemimpin pertama yang mengikuti keputusan Presiden AS Donald Trump untuk memindahkan kedutaannya ke kota suci tersebut.

Setelah berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Morales menulis kepada orang-orang Guatemala di halaman Facebook-nya bahwa : “salah satu poin yang paling penting dari pembicaraan kami adalah kembalinya kedutaan Guatemala ke Jerusalem dari Tel Aviv, tempat kedutaan kita sekarang berada.”

“Untuk itulah saya memberi tahu Anda bahwa saya telah memberikan instruksi kepada kementerian luar negeri untuk memulai koordinasi yang diperlukan untuk mewujudkan memindahkan kedutaan kita dari Tel Aviv ke Jerusalem,” ungkap Morales, seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (25/12/17).

Guatemala adalah salah satu dari 9 negara yang menolak dalam pemungutan suara PBB yang mendesak Amerika untuk membatalkan pengakuannya atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel.

AS adalah donor terpenting bagi bantuan ke Guatemala, sebuah negara miskin di Amerika Tengah. Morales juga mengatakan bahwa Guatemala merupakan sekutu Israel sejak lama.

Pengakuan Israel atas Jerusalem tidak pernah diakui secara internasional, dan semua negara saat ini mempertahankan kedutaan mereka di Tel Aviv. Namun, Presiden Trump telah mengatakan kepada departemen luar negeri AS untuk memulai proses memindahkan kedutaan AS ke Kota Suci itu. (DH/MTD)

Querido pueblo de Guatemala, hoy he conversado con el Primer Ministro de Israel, Benjamin Netanyahu. Hablamos de las…

Posted by Jimmy Morales on Sunday, December 24, 2017

Sumber : Al Arabiya, BBC | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2017) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here