Ikuti Saudi, Bahrain Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel

267

Moslemtoday.com : Tawaran Presiden AS Donald Trump untuk menormalisasi hubungan dengan Israel tanpa menghentikan pendudukan Zionis yang brutal dan tanpa jaminan kemerdekaan bagi rakyat Palestina telah ditolak mentah-mentah oleh negara-negara Teluk.

Bahrain menolak untuk mengikuti langkah UEA dan menegaskan bahwa negaranya hanya akan melakukan normalisasi dengan Israel jika Arab Saudi melakukan hal itu.

Sikap Bahrain diungkapkan kepada Jared Kushner, penasehat Gedung Putih sekaligus menantu Trump saat berkunjung ke Bahrain sehari setelah memimpin delegasi AS-Israel ke Abu Dhabi untuk menandai mulainya diplomasi terbuka antara Israel dengan Uni Emirat Arab.

Harapan Kushner agar Bahrain merubah haluannya telah kandas ketika bertemu dengan Raja Hamad Bin Isa Al-Khalifa.. “Bahrain tidak akan membuat kesepakatan dengan Israel sebelum punggawa negara teluk, Arab Saudi, bertindak,” ungkap Raja Hamad Bin Isa Al-Khalifa kepada Kushner, seperti dilansir dari Middle East Monitor, Kamis, (3/9/2020).

Bahrain tetap mempertahankan prinsipnya dalam menjaga komitmen puluhan tahun negara-negara Arab, yaitu menegaskan tidak ada normalisasi hubungan dengan Israel hingga negara penjajah itu setuju dengan pendirian Negara Palestina yang merdeka.

Pada tahun 2002, Raja Abdullah pernah menawarkan normalisasi penuh dengan Israel dengan syarat Kemerdekaan Palestina. Inisiasi perdamaian itu ditolak Israel dan semakin memperluas wilayah pendudukannya di tanah Palestina.

Sementara itu, UEA mengatakan normalisasi hubungan dengan Israel untuk menekan Israel menghentikan pencaplokan illegal wilayah Palestina lebih lanjut dan pertimbangan keamanan di Palestina. Namun Pihak yang menolak normalisasi itu menyatakan bahwa kesepakatan itu tidak berguna apa-apa kecuali hanya membantu Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan warga Israel untuk memperkuat posisi mereka di wilayah Palestina. (LBS/MTD)

Sumber : Middle East Monitor
Kontributor : Luli Bangkit Sugito
Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here