Ilmuwan Jepang : Turki Dapat Memainkan Peran yang Lebih Besar dalam Tatanan Dunia Baru

339

Moslemtoday.com : Seorang ilmuwan politik Jepang mengatakan bahwa Turki dapat memainkan peran yang lebih besar dalam tatanan dunia baru.

“Turki memiliki potensi untuk bertindak sebagai jembatan antara negara-negara Barat dan non-Barat, meningkatkan perannya dalam tatanan dunia baru,” kata Yuichi Hosoya, profesor politik internasional di Universitas Keio Tokyo, seperti dilansir dari Kantor Berita Turki, Anadolu Agency, Rabu, (14/11/2018).

“Saya merasa bahwa Jepang dan Turki perlu menjembatani dunia yang berbeda – dunia Barat dan dunia non-Barat dan juga demokrasi liberal dan rezim otoriter. Dengan melakukan hal itu kita dapat menciptakan tatanan internasional yang lebih inklusif dan komprehensif,” ungkap Yuichi Hosoya.

Yuichi Hosoya mengingatkan bahwa tatanan internasional sebelumnya diciptakan oleh kekuatan Barat dan demokrasi liberal seperti Amerika Serikat dan Eropa Barat. Yuichi  Hosoya mengatakan: “Sifat dasar dan norma-norma tatanan internasional liberal telah didasarkan pada norma-norma Barat.”

“Tetapi sekarang ini kita melihat munculnya negara-negara non-Barat seperti India dan Cina, dan mungkin kita akan melihat bentrokan antara kekuatan Barat dan kekuatan non-Barat, demokrasi liberal, dan rezim otoriter,” ujar Yuichi Hosoya.

Yuichi Hosoya menambahkan bahwa Jepang dan Turki sama-sama berada di antara dunia Barat dan dunia non-Barat. Keduanya memiliki elemen Barat dalam masyarakat mereka tetapi pada saat yang sama mereka memiliki perbedaan dengan kekuatan Barat.

Memperhatikan bahwa kedua negara adalah sekutu Amerika Serikat, Yuichi Hosoya mengatakan bahwa Jepang dan Turki menikmati “hubungan dagang yang sangat kuat dengan dunia Barat,” itulah mengapa Turki juga dapat memainkan peran yang lebih besar.

Ilmuwan Jepang itu juga mengingatkan bahwa Turki juga memiliki potensi untuk memperluas perannya di kawasan karena hubungan kuatnya dengan negara-negara Islam.

“Pusat pertumbuhan ekonomi sekarang bergerak dari kawasan Asia-Pasifik ke Samudera Pasifik India, dan jika kita melihat Samudra Hindia, dikelilingi oleh negara-negara Islam dan tentu saja Turki memiliki tempat yang sangat penting dalam komunitas Islam dan Negara-negara Islam,” ungkap Yuichi Hosoya.

Yuichi Hosoya memuji kerjasama yang erat antara Turki dengan Jepang. “Jadi itu berarti bahwa tanpa bekerjasama dengan Turki, Jepang tidak dapat sepenuhnya memahami dunia Muslim di sekitar Samudera Hindia,” tutupnya. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1440 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here