Imam Masjid Indonesia di New York, Dr. Daud Rasyid Ditangkap

8297

Moslemtoday.com : Imam masjid Indonesia di New York, Amerika Serikat (AS) Ustaz Daud Rasyid Harun ditangkap aparat Dinas Keimigrasian setempat. Penangkapan terhadap Ustaz Daud Rasyid terjadi pada 19 Juni 2017. Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York pada Selasa (27/6/2017), mengonfirmasi penangkapannya.

KJRI New York dalam keterangan tertulisnya mengaku telah melakukan perlindungan kekonsuleran terhadap Daud Rasyid sesuai dengan aturan yang berlaku di AS. “KJRI New York secara proaktif melakukan langkah-langkah perlindungan,” kata pihak KJRI.

Menurut pihak KJRI, Daud Rasyid berada di New York sejak bulan Juni 2016 dengan memanfaatkan Visa B2, yakni visa kunjungan biasa.  Untuk bisa aktif dalam kegiatan keagamaan secara legal atau sah di AS, Kemudian, Daud memperoleh visa R-1, yaitu visa untuk mereka yang melakukan kegiatan keagamaan pada suatu lembaga sosial di Amerika Serikat, dalam hal ini Masjid Al-Hikmah.

Selanjutnya, pada April 2017, “Pengurus” Masjid Al-Hikmah menyampaikan kepada Dinas Keimigrasian bahwa Daud Rasyid “tidak memiliki status” sebagai Imam di Masjid Al-Hikmah. Meskipun sampai saat ini persoalan kepengurusan Masjid merupakan sengketa hukum perdata yang masih ditangani oleh pengadilan,

Dinas Keimigrasian pada tanggal 16 Mei 2017 menindaklanjuti laporan tersebut dengan melakukan pembatalan visa Daud Rasyid.

“Konsekuensi hukum pembatalan visa tersebut adalah yang bersangkutan kehilangan status keimigrasiannya di Amerika Serikat. Oleh karenanya, pada 19 Juni 2017, Dinas Keimigrasian Amerika Serikat menahan yang bersangkutan dan akan mengambil langkah-langkah hukum untuk melakukan deportasi,” tulis pernyataan KJRI.

KJRI New York menegaskan bahwa mereka akan terus meningkatkan komunikasi dengan Daud Rasyid dan Dinas Keimigrasian AS sebagai bagian dari langkah-langkah perlindungan terhadap warga negara Indonesia.

Sumber : Sindonews | Republika.co.id | CNN Indonesia

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here