Imam Masjidil Haram Syaikh Asy-Syuraim : “Islam Mengharamkan Berita Hoax”

22586

Moslemtoday.com : Imam Masjidil Haram, Syaikh Suud bin Ibrahim Al-Syuraim memperingatkan bahaya dari menyebarkan berita-berita hoax. Syaikh mengatakan menyebarkan berita-berita hoax (berita bohong) haram hukumnya dalam Islam.

Syaikh Asy-Syuraim dalam khutbahnya mengatakan bahwa meskipun teknologi dan masyarakat terus berkembang secara ilmiah dan material, mereka tidak akan mencapai tujuan apapun tanpa bimbingan dari ajaran agama.

“Ketika berita hoax menyebar di tengah masyarakat, itu pasti akan menimbulkan kegaduhan dan perpecahan di masyarakat. Dan ketika berita itu masuk ke dalam keluarga, berita itu akan menghancurkan dan mengubah persahabatan menjadi permusuhan,” ungkap Syaikh Asy-Syuraim, seperti dilansir dari Arabnews, Senin, (23/4/18).

Syaikh Asy-Syuraim menegaskan bahwa berita hoax adalah fitur setan yang akan menyebabkan perpecahan. Para penyebar adalah orang jahat yang iri pada orang lain dan berusaha merusak nilai-nilai yang baik.

Syaikh Asy-Syuraim mengatakan bahwa Islam mengharamkan berita-berita semacam itu.  Islam mengajarkan kolaborasi dan kerjasama dan melarang semua jenis berita bohong, termasuk berita bohong antara suami dan istri, individu yang berbeda dan kelompok yang berbeda dalam masyarakat.

Syaikh Asy-Syuraim mengingatkan kepada umat Islam untuk tidak boleh mempercayai semua yang mereka dengar sebelum mereka mengecek keaslian dan kevalidannya. Syaikh memperingatkan bahwa tidak akan ada keamanan bagi individu dan kelompok kecuali mereka menjauh dari berita bohong dan mencegahnya untuk tersebar agar tidak menyebabkan kerusakan nyata. (DH/MTD)

Sumber : Arabnews | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com 

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here