India Ingin Jual Rudal Jelajah BrahMos ke Indonesia

72

Moslemtoday.com : India sedang menjajaki kemungkinan penjualan rudal jelajah BrahMos ke Indonesia. Sebuah tim dari perusahaan patungan Indo-Rusia yang membuat sistem senjata tersebut telah mengunjungi galangan kapal milik pemerintah Indonesia di Surabaya. Rudal tersebut akan dipasang di kapal perang Indonesia.

Selain BrahMos, India telah menawarkan untuk memasok radar pertahanan pantai dan baja kelas laut ke Indonesia dan untuk melengkapi jet tempur Su-30 buatan Rusia yang dimiliki oleh angkatan udara Indonesia sebagai bagian dari upaya untuk memperdalam kerja sama pertahanan dan militer bilateral.

Meskipun India dan Indonesia belum mencapai kesepakatan akhir tentang penjualan BrahMos, kunjungan tim dari perusahaan Indo-Rusia ke galangan kapal PT PAL yang dikelola pemerintah di sela-sela pameran Indo Defense 2018 akhir tahun lalu adalah sebuah langkah maju yang signifikan dalam upaya sistem pertahanan.

“Tim BrahMos diundang untuk mengunjungi perusahaan pembangunan kapal yang dikelola pemerintah dan melihat platform Indonesia. Pemeriksaan kapal perang difokuskan pada pemasangan sistem BrahMos,” demikian bunyi pernyataan yang dirilis delegasi tersebut, seperti dilansir dari The Hindustan Times, Selasa, (8/1/2019).

Sementara itu, sekelompok delegasi dari Kementerian Pertahan, Kementerian Luar Negeri dan otoritas terkait disebut telah mengunjungi markas BrahMos di India tahun lalu.

“Merupakan usulan yang bagus untuk memiliki kerja sama pertahanan yang lebih dalam dengan India karena India memiliki teknologi canggih yang fungsional dan ekonomis. Teknologi India tidak serumit teknologi dari Barat karena bernilai baik bagi negara-negara kawasan,” ungkap delegasi tersebut.

Commodore C Uday Bhaskar, Direktur Society for Policy Studies, mengatakan: “Sangat penting jika India menawarkan rudal BrahMos ke Indonesia. Ini meningkatkan relevansi profil militer India sebagai pengekspor teknologi rudal jelajah yang kredibel.” (DH/MTD)

Sumber : The Hindustan Times | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here