Indonesia dan Liga Arab Pererat Kerjasama dengan Penandatanganan MoC

1704
Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi, dengan Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit
Moslemtoday.com : Indonesia dan Liga Arab telah menandatangani keputusan bersama untuk meningkatkan kerja sama konkret melalui Memorandum of Cooperation (MoC) yang ditanda tangani di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-71, New York (24/9).

Penandatanganan MoC tersebut dilakukan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi, dengan Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit.

Bidang kerja sama yang tercakup di dalam MoC tersebut antara lain perdamaian dan keamanan, ekonomi, ilmu pengetahuan, pendidikan, dan kebudayaan.

Dengan ditandatanganinya MoC tersebut Indonesia memiliki akses terhadap 22 anggota Liga Arab, sehingga kerja sama yang dapat dilakukan dengan negara-negara di kawasan tersebut akan semakin luas dan intensif.

Penandatanganan MoC ini juga merupakan capaian signifikan hubungan Indonesia dengan Liga Arab, dan mendorong kemitraan dengan organisasi tersebut menjadi lebih terbuka dan konkret. Kedua pihak juga berkomitmen untuk terus menjaga kesinambungan kerja sama ini di masa depan.

Liga Arab yang merupakan salah satu organisasi regional tertua di dunia, memiliki peran penting di mata Indonesia, baik secara historis maupun strategis. Secara historis, Liga Arab merupakan salah satu dari sedikit pihak yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Adapun secara strategis, Liga Arab merupakan salah satu mitra utama Indonesia dalam mengedepankan kepentingan nasional yang secara konkret bermanfaat bagi kepentingan masyarakat di kedua kawasan.

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here