Indonesia Komitmen Terus Tingkatkan Kehadirannya di Timur Tengah

916

Moslemtoday.com : “Indonesia berkomitmen untuk lebih hadir di Kawasan TImur Tengah” ujar Menlu RI, Retno Marsudi, pada saat pertemuan bilateral dengan Menlu Bahrain Shaikh Khalid Bin Ahmed Al-Khalifa di sesaat sebelum kembali ke Indonesia setelah berakhirnya pertemuan High Level Week Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York pada Senin (26/09/2016).

Salah satu hal utama yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah peningkatan kerja sama kedua negara dalam kerangka Gulf Cooperation Council (GCC).

Untuk itu, Menlu Retno meminta Menlu Ahmed Al Khalifa turut mendorong penguatan kerja sama Indonesia-GCC dan ASEAN-GCC. Menlu Ahmed Al Khalifa selanjutnya mengundang e RI untuk hadir pada GCC Ministerial Meeting dan Manama Dialogue pada tahun ini.

Dalam kesempatan tersebut, Menlu RI juga tekankan kembali kerja sama saling dukung kedua negara untuk pencalonan Indonesia di DK-PBB 2019-2020.

Selain itu, di hari yang sama Menlu Retno juga telah mengadakan pertemuan tete-a-tete dengan Menlu Iran, Mohammad Javad Zarif. Pada pertemuan tersebut, kedua Menlu membahas berbagai isu strategis yang menjadi kepentingan bersama kedua negara.

Turut dibahas pula rencana kunjungan Presiden RI ke Iran pada akhir tahun ini. Menlu RI juga tidak lupa menyampaikan permintaan dukungan Iran terhadap pencalonan Indonesia di DK-PBB 2019-2020.

Sumber : Kemlu.go.id | Weblink : http://www.kemlu.go.id/id/berita/siaran-pers/Pages/Indonesia-terus-tingkatkan-kehadirannya-di-Kawasan-Timur-Tengah.aspx

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here