Indonesia Naik Kelas Jadi Negara Berpenghasilan Menengah ke Atas

188

Moslemtoday.com : Kementerian Keuangan melaporkan bahwa Bank Dunia telah menaikkan peringkat Indonesia dari negara pendapatan menengah (middle income country) menjadi negara berpenghasilan menengah ke atas (upper middle income country).

Status sebagai negara berpenghasilan menengah ke atas itu diberikan di tengah ancaman resesi akibat pandemi corona. Status itu berlaku per 1 Juli 2020.

“Sebuah prestasi membanggakan. Kenaikan status diberikan berdasarkan penilaian Bank Dunia terkini. GNI per capita Indonesia 2019 naik menjadi US$4.050 dari posisi sebelumnya, yaitu US$3.840,” kata Rahayu Puspasari, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu, seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Menurut Kemenkeu, kenaikan level ini memberikan beberapa keuntungan bagi Indonesia, sebagai berikut :

  1. Bukti ketahanan ekonomi Indonesia dan kesinambungan pertumbuhan yang terjaga dalam beberapa tahun terakhir
  2. Memperkuat kepercayaan serta persepsi investor, mitra dagang, mitra bilateral dan mitra pembangunan atas ketahanan ekonomi Indonesia
  3. Dapat meningkatkan investasi
  4. Memperbaiki kinerja current account
  5. Mendorong daya saing ekonomi dan memperkuat dukungan pembiayaan.

Bank Dunia membuat klasifikasi negara berdasarkan GNI per capita dalam 4 kategori, yaitu: Low Income (USD1.035), Lower Middle Income (USD1.036 – USD4,045), Upper Middle Income (USD4.046 – USD12.535) dan High Income (>USD12.535). Sementara itu, GNI per capita Indonesia telah naik menjadi USD4.050 dari posisi sebelumnya USD3.840. (DH/MTD)

Sumber : CNN Indonesia, Kemenkeu.go.id | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here