Indonesia Tidak Abstain dalam Pemungutan Suara Soal Resolusi Suriah di Sidang Majelis Umum PBB

3440

Moslemtoday.com : Beberapa waktu lalu, sejumlah media sosial di Tanah Air, mengatakan bahwa Indonesia tidak memberikan suara atau abstain dalam pemungutan suara pada resolusi Suriah yang digelar di Sidang Majelis Umum PBB.

Terkait dengan pemberitaan yang simpang-siur itu, Duta Besar Indonesia untuk PBB, Dian Triansyah Djani membantah pemberitaan tersebut.

“Posisi Indonesia jelas. Indonesia tidak abstain dalam pemungutan suara tersebut dan ikut serta merumuskan resolusi Sidang Majelis Umum PBB untuk dihentikannya kekerasan di Aleppo dan Suriah, serta memberi akses kemanusiaan bagi penduduk sipil, dan lain-lain,” ungkap Dian.

“Ini adalah resolusi pertama di Sidang Majelis Umum PBB no. A/71/L39 terkait Suriah yang berhasil disepakati dengan voting 122 mendukung, 13 menolak dan 36 abstain,”  kata Dian, Senin, (19/12/2016).

Sementara itu, menanggapi foto yang beredar di media sosial yang menunjukkan Indonesia abstain dalam Resolusi Suriah, Kementerian Luar Negeri mengkonfirmasi bahwa foto itu adalah Rancangan resolusi Dewan HAM di Jenewa, Swiss terkait situasi HAM di Suriah saat pemungutan suara pada bulan Juli 2016 yang lalu.

6cb287d0-0792-49ec-9196-3c206fe744f1

Kemenlu menjelaskan memang pada saat itu Indonesia pernah abstain dalam voting di sidang PBB soal pelanggaran hak asasi manusia di Suriah. Itu merupakan sikap Indonesia pada voting dalam rancangan resolusi di Dewan HAM PBB pada Juli 2016, bukan pada resolusi terbaru yakni pada Desember 2016.

Sedangkan di Sidang Majelis Umump PBB di New York pada 9 Desember, Indonesia tidak abstain dan ambil posisi mendukung resolusi Suriah dan menyerukan semua pihak untuk menghentikan kekerasan dan penargetan terhadap warga sipil di Suriah.

Klik disini untuk mendownload Resolusi Sidang Majelis Umum PBB no. A/71/L39

Sumber : UN.org | Weblink : http://www.un.org/press/en/2016/ga11871.doc.htm

comments

Loading...

1 COMMENT

  1. […] Indonesia Tidak Abstain dalam Pemungutan Suara Soal Resolusi Suriah di Sidang Majelis Umum PBBBerita Islam 24H – Beberapa waktu lalu, sejumlah media sosial di Tanah Air, mengatakan bahwa Indonesia tidak memberikan suara atau abstain dalam pemungutan suara pada resolusi Suriah yang digelar di Sidang Majelis Umum PBB.Terkait dengan pemberitaan yang simpang-siur itu, Duta Besar Indonesia untuk PBB, Dian Triansyah Djani membantah pemberitaan tersebut.“Posisi Indonesia jelas. Indonesia tidak abstain dalam pemungutan suara tersebut dan ikut serta merumuskan resolusi Sidang Majelis Umum PBB untuk dihentikannya kekerasan di Aleppo dan Suriah, serta memberi akses kemanusiaan bagi penduduk sipil, dan lain-lain,” ungkap Dian.“Ini adalah resolusi pertama di Sidang Majelis Umum PBB no. A/71/L39 terkait Suriah yang berhasil disepakati dengan voting 122 mendukung, 13 menolak dan 36 abstain,” kata Dian, Senin, (19/12/2016).Sementara mengomentari foto yang beredar di media sosial yang menunjukkan Indonesia abstain dalam Resolusi Suriah, Kementerian Luar Negeri mengkonfirmasi bahwa foto itu adalah Rancangan resolusi Dewan HAM di Jenewa, Swiss terkait situasi HAM di Suriah saat pemungutan suara pada bulan Juli 2016 yang lalu.Kemenlu menjelaskan memang pada saat itu Indonesia pernah abstain dalam voting di sidang PBB soal pelanggaran hak asasi manusia di Suriah. Itu merupakan sikap Indonesia pada voting dalam rancangan resolusi di Dewan HAM PBB pada Juli 2016, bukan pada resolusi terbaru yakni pada Desember 2016.Sementara di Sidang Majelis Umump PBB di New York pada 9 Desember, Indonesia tidak abstain dan ambil posisi mendukung resolusi Suriah dan menyerukan semua pihak untuk menghentikan kekerasan dan penargetan terhadap warga sipil di Suriah. [beritaislam24h.net / mtc] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here