Ini Alasan Pemerintah Tidak Menetapkan Gempa Lombok Sebagai Bencana Nasional

1513
Gempa Lombok Bencana Nasional

Moslemtoday.com : Pemerintah tidak menetapkan gempa di Lombok Nusa Tenggara Barat sebagai bencana nasional. Pemerintah menekankan bahwa meskipun tidak ditetapkan sebagai bencana nasional, penanganannya dilakukan seperti halnya bencana nasional.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Indonesia akan mengalami kerugian sangat besar apabila bencana alam di Lombok dinyatakan sebagai bencana nasional.

“Ketika bencana gempa Lombok menjadi bencana nasional, maka negara-negara lain bisa memberikan travel warning bagi warganya yang ingin ke Indonesia. Ini bisa merugikan. Dampaknya luar biasa yang biasanya tidak diketahui oleh publik,” ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (20/8).

Istana mengakui sektor pariwisata menjadi salah satu faktor pertimbangan pemerintah tidak menetapkan status bencana nasional terhadap gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Penetapan status bencana nasional benar-benar bisa menutup pintu wisatawan dalam bahkan luar negeri ke seluruh Pulau Lombok hingga Bali. Jadi supaya tidak salah, karena begitu bencana nasional dampaknya luar biasa,” kata Pramono Anung.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pihaknya sedang menyiapkan Instruksi Presiden (Inpres). Namun ia mengingatkan, yang paling penting itu bukan ditetapkan atau tidak ditetapkan.

“Yang paling penting adalah penanganan langsung di lapangan, bahwa Pemerintah Pusat total memberikan dukungan penuh, bantuan penuh, baik kepada Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, dan tentu saja yang paling penting adalah kepada masyarakat,” tutur Presiden Jokowi. (DH/MTD)

Sumber : CNN Indonesia, Setkab.go.id, VIVA.co.id

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here