Moslemtoday.com : Kepala Polisi Amar Ma’ruf Nahi Munkar Arab Saudi, Syeikh Dr. Abdulrahman Al-Sindi, mengeluarkan sebuah pernyataan menanggapi seruan yang meminta agar toko-toko tidak ditutup pada waktu shalat.

Syeikh al-Sindi menegaskan bahwa salah satu karya terbesar dari Raja Abdul Aziz Alsaud saat mendirikan kerajaan Arab Saudi adalah pembentukan petugas khusus untuk mengingatkan orang-orang di pasar untuk menunaikan shalat ketika waktu sholat telah masuk dan mendesak orang-orang untuk segera menutup toko mereka.

Syeikh al-Sindi mengatakan: “Salah satu pilar terbesar yang menjadi dasar bagi sebuah negara Islam adalah mendirikan shalat, sebagaimana firman Allah Ta’ala :

اَ لَّذِيۡنَ اِنۡ مَّكَّنّٰهُمۡ فِى الۡاَرۡضِ اَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتَوُا الزَّكٰوةَ وَاَمَرُوۡا بِالۡمَعۡرُوۡفِ وَنَهَوۡا عَنِ الۡمُنۡكَرِ‌ ؕ وَلِلّٰهِ عَاقِبَةُ الۡاُمُوۡرِ‏  .۴۱

“Orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, niscaya mereka mendirikan shalat, menunaikan zakat, menyuruh berbuat yang ma’ruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan. (QS. Al-Hajj : 41)

Syeikh Dr. Abdulrahman Al-Sindi menambahkan : “Dan diantara perintah dalam mendirikan shalat adalah mendesak orang untuk menunaikannya dan memperingatkan orang-orang untuk tidak melalaikannya karena sebab pekerjaannya. Inilah perintah di pasar, pertokoan, dan tempat-tempat umum.”

Syeikh al-Sindi melanjutkan : “Dari pelaksanaan ibadah kepada Tuhan, maksimalkanlah nilai pengabdian, maksimalkanlah nilai do’a, jangan sampai dilalaikan oleh perniagaan dan jual beli”.

Syeikh A-Sindi kemudian mengutip QS. An-Nur ayat 36-37 : “Bertasbihlah kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang, laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak pula oleh jual-beli dari mengingat Allah, dan mereka mendirikan shalat, dan menunaikan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang di hari itu hati dan penglihatan menjadi goncang.” (DH/MTD)

Sumber : Akhbar Al Arqaam | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

 

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here