Ini Kronologis Mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh Tewas di Tangan Houthi

3114

Moslemtoday.com : Sejak sabtu malam kemarin, Houthi memperkuat posisi mereka di ibukota Sanaa, setelah Saleh mengumumkan bahwa dia dan pasukannya telah mengubah posisi melawan Houthi dan mendukung pasukan koalisi Arab.

Bentrokan sengitpun terjadi antara pasukan pro-Saleh dan gerilyaman bersenjata Houthi. Houthi menyebarkan posisi mereka di seluruh Sanaa, dipersenjatai dengan senjata berat, yang mereka dapatkan dari fasilitas senjata rahasia yang mereka simpan sejak mereka mengkudeta Sanaa pada bulan September 2014.

Houthi telah mengintensifkan penggerebekan mereka dalam dua hari terakhir di dekat rumah Saleh, yang menjadi markas besar Saleh dan pasukan pro-Saleh beserta para pemimpin partainya. Houthi juga mengintensifkan penjagaan di tempat-tempat yang masih mereka kendalikan.

Saleh bertemu dengan orang-orang kepercayaannya dan anggota partainya pada hari Senin di rumahnya di jalan Sanaa’s 60th Street pada dini hari. Menurut laporan yang berhasil dihimpun jaringan berita Al Arabiya, milisi Houthi mulai membom rumah Saleh di Sanaa dengan granat RPG.

Saleh kemudian berhasil meloloskan diri dan memutuskan untuk pergi bersama para pemimpin partainya daerah Sinhan, kampung halaman Saleh, 40 km tenggara Sanaa. Dalam perjalanan, milisi Houthi berhasil mencegat perjalanan Saleh. Bentrokan meletus untuk melawan pengepungan tersebut.

Baca juga :

Saleh dan sejumlah pengawalnya, termasuk putra saudaranya, Tarek, yang memimpin Partai Republik Yaman, dikejar oleh sebuah konvoi militer milisi Houthi dengan menggunakan sedikitnya 20 kendaraan.

Ali al-Bukhiti, salah seorang pemimpin Partai Kongres Rakyat Yaman mengatakan bahwa seorang penembak jitu Houthi menembak Saleh di kepala. Mereka menangkap Saleh dan sejumlah pengawalnya dan kemudian membunuh mereka pada jarak dekat. Dilaporkan beberapa pengawal Saleh dan pemimpin Partai Kongres terbunuh.

Milisi Houthi mengkonfirmasi bahwa mereka berhasil membunuh Saleh dengan menyerang iring-iringan mobilnya dengan peluru tajam dan granat berpeluncur roket.

Sebuah video yang diterbitkan oleh Houthi menunjukkan sebuah adegan yang mirip dengan pembunuhan presiden Libya Muammar Qaddafi, di mana orang-orang bersenjata Houthi membungkus tubuh Saleh dalam selimut dan membawa iring-iringan jenazah Saleh dengan sukacita. (DH/MTD)

Simak videonya :

Sumber : Al Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here