Ini Poin Kesepakatan Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un

424

Moslemtoday.com : Presiden AS Donald Trump akhirnya bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un setelah sebelumnya terjadi ketegangan di antara kedua negara selama beberapa dekade. Pertemuan tersebut di gelar di Singapura, Selasa pagi, (12/6/2018).

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin sepakat menandatangani sejumlah dokumen perjanjian yang disebut-sebut sebagai babak baru hubungan AS-Korea Utara hingga berdampak pada perdamaian abadi di Semenanjung Korea dan bagi dunia.

Berikut empat poin kesepakatan bersama Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un , seperti dikutip dari CNBC sebagai berikut :

  1. Amerika Serikat dan Korea Utara berkomitmen untuk membangun hubungan baru yang sejalan dengan aspirasi kedua negara untuk perdamaian dan kemakmuran.
  2. Amerika Serikat dan Korea Utara akan bersama-sama membangun perdamaian yang abadi dan stabil di Semenanjung Korea.
  3. Menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom pada tanggal 27 April 2018 bahwa Korea Utara berkomitmen untuk menghentikan program senjata nuklirnya secara menyeluruh (denuklirisasi) di Semenanjung Korea.
  4. Amerika Serikat dan Korea Utara berkomitmen untuk memulihkan serta memulangkan tahanan perang (POW) atau tentara yang dinyatakan hilang (MIA) yang telah teridentifikasi.

Dengan ditandatanganinya kesepakatan ini, kedua negara siap bekerja sama dan membuka hubungan baru antara Amerika Serikat dan Korea Utara untuk untuk mewujudkan perdamaian, kemakmuran, dan keamanan Semenanjung Korea dan dunia. (DH/MTD)

Sumber : CNBC | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com  

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here