Ini Reaksi Pemimpin Dunia Muslim Terkait Serangan Teroris di Selandia Baru

680

Moslemtoday.com : Para pemimpin politik dan Islam di seluruh Asia menyatakan rasa benci mereka pada penembakan mematikan di dua masjid di Selandia Baru pada hari Jumat, (15/03/2019).

Aksi menjijkan tersebut mendapat kecaman dari berbagai negara muslim di dunia.

Indonesia
“ Indonesia sangat mengutuk tindakan penembakan tersebut, terutama di tempat ibadah sementara shalat Jumat sedang berlangsung, “kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam sebuah pernyataan.

Terdapat enam orang Indonesia tengah berada di dalam masjid ketika serangan itu terjadi, tiga berhasil melarikan diri dan tiga lainnya tidak diketahui.

Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, mengatakan kepada Reuters, terdapat 331 orang Indonesia di Christchurch, termasuk 134 siswa.

Arab Saudi
Sebuah sumber resmi di Kementerian Luar Negeri Saudi mengutuk serangan teroris yang terjadi di Selandia Baru. Sumber tersebut mengulangi kecaman Arab Saudi atas terorisme dalam segala bentuknya, terlepas dari sumbernya, dan bahwa terorisme tidak memiliki agama dan tidak memiliki tanah air. Dia menekankan bahwa agama harus dihormati.

UEA
Anwar Gargash, menteri negara UEA untuk urusan luar negeri, mentweet “belasungkawa yang dalam” ke Selandia Baru pada hari Jumat.
Gargash menulis: “Pekerjaan kolektif kita melawan kekerasan & kebencian harus dilanjutkan dengan semangat baru. Pikiran & doa kami bersama keluarga para korban.”

Turki
Juru bicara Presiden Turki Tayyip Erdogan mengutuk serangan “rasis dan fasis”.
“Serangan ini menunjukkan titik dimana permusuhan terhadap Islam dan permusuhan terhadap umat,” tulis Ibrahim Kalin di Twitter.
“Kami telah melihat berkali-kali wacana Islamofobik melawan Islam dan umat Islam berubah menjadi ideologi yang sesat dan mematikan. Dunia harus meningkatkan suaranya terhadap wacana seperti itu dan harus mengatakan berhenti pada terorisme fasis Islamofobia, ”katanya.

Jordan
Menteri Negara Urusan Media Yordania Jumana Gneimat menekankan “penolakan terorisme dan penyerangan terhadap mereka yang hidup dalam kedamaian dan tempat-tempat ibadah di negara itu”.

Masjid Al-Azhar
Syekh Al-Azhar mengutuk serangan teroris terhadap masjid-masjid di Christchurch, Selandia Baru.
Al-Azhar memperingatkan bahwa serangan itu merupakan indikator serius, konsekuensi dari meningkatnya pidato kebencian, xenophobia dan penyebaran Islamophobia di banyak negara Eropa, menekankan perlunya untuk tidak mentolerir kelompok-kelompok rasis yang melakukan tindakan menjijikkan seperti yang dilakukan.

Malaysia
Dalam mayoritas Muslim Malaysia, Anwar Ibrahim, pemimpin partai terbesar dalam koalisi berkuasa, mengatakan “Saya sangat sedih dengan tindakan tidak beradab ini, yang bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan merenggut nyawa warga sipil.”

“Kami menyampaikan simpati dan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga para korban dan rakyat Selandia Baru.” tambahnya.

Afghanistan
Duta Besar Afghanistan untuk Australia, Selandia Baru dan Fiji, Wahidullah Waissi, mengatakan di Twitter bahwa tiga warga Afghanistan terluka.
“Pikiranku bersama keluarga asal Afghanistan yang telah ditembak dan dibunuh pada insiden keji ini.”

Pakistan
Juru bicara kementerian luar negeri Pakistan Mohammad Faisal mengutuk insiden itu di media sosial, dengan menggunakan tagar #pakistanagainstterror.

Sumber : Arab News | Redaktur : Aris Abadi
Copyright © 1440 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here