Ini Sembilan Tuntutan Aksi Protes anti-Rezim di Iran

1013

Moslemtoday.com : Aksi protes anti-Rezim di Iran telah memasuki waktu satu pekan, sejak Kamis, 28 Desember 2017 hingga hari ini. Para demonstran di 70 kota telah mulai merumuskan tuntutan mereka yang disebar baik di lapangan, jalan-jalan maupun di media sosial.

Aksi demonstrasi berlangsung terus-menerus di kota-kota utama di Iran dan telah menyebabkan 21 orang tewas. Pasukan Garda Revolusi Iran telah dikerahkan oleh pemerintah Iran untuk mengatasi aksi kerusuhan tersebut.

Para pemrotes terus meneriakkan slogan-slogan : “Kebebasan, kelaparan, pekerjaan, rezim diktator, kematian untuk para Mullah,”. Berikut ini sembilan tuntutan utama para pemrotes seperti dilansir dari Al Arabiya, Kamis, (4/1/18), sebagai berikut :

  1. Referendum untuk memilih rezim baru, karena sebagian besar demonstran meminta sebuah sistem republik yang serupa dengan negara maju dan penghapusan aturan Mullah (Pemimpin spiritual Syi’ah Iran).
  2. Meruntuhkan ideologi rezim Mullah dan membebaskan masyarakat Iran dari ilusi kepemimpinan Syi’ah dan menghentikan penyebarannya ke dunia Islam dan menghilangkan slogan mengekspor revolusi.
  3. Menghapus kewajiban pemaksaan penggunaan jilbab bagi wanita dan mendukung prinsip pilihan penampilan bebas bagi wanita.
  4. Kebebasan media, termasuk bebas mengakses informasi, internet, media sosial dan menghentikan pemblokiran
  5. Memisahkan agama dari politik dan menyingkirkan lembaga keagamaan dari dunia politik dan menyerahkan administrasi urusan kenegaraan kepada pemerintah teknokrat.
  6. Peradilan yang independen, adil dan tidak memihak, tidak dikendalikan otoritas kekuasaan atau arus politik apapun.
  7. Penyebaran kekayaan dan rencana pembangunan yang seimbang untuk memberantas kemiskinan, pengangguran dan memberantas korupsi.
  8. Pemilu yang bebas, adil dan transparan di bawah pengawasan internasional.
  9. Kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dan penolakan segala bentuk diskriminasi, kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan di segala bidang.

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here