Inilah 12 Daftar Ultimatum Amerika Serikat Terhadap Iran

1248

Moslemtoday.com : Amerika Serikat telah mengeluarkan 12 daftar tuntutan terhadap Iran pada Senin, (21/5/2018). Jika daftar tuntutan tersebut tidak dipenuhi, Iran akan menghadapi sanksi terberat dari Amerika Serikat sepanjang sejarah negara itu.

Daftar ultimatum dari Amerika Serikat tersebut membuat hubungan kedua negara semakin memanas setelah Presiden AS Donald Trump menyatakan penarikan diri AS dari kesepakatan nuklir Iran (JCOPA) yang dibuat pada tahun 2015.

Amerika Serikat menuntut Iran untuk membuat perubahan besar di bidang militer dan merubah kebijakan-kebijakannya di kawasan Timur Tengah. Berikut ini daftar 12 tuntutan Amerika Serikat kepada Iran seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (28/5/2018) :

  1. Iran harus mendeklarasikan kepada IAEA (Badan Energi Atom Internasional) secara lengkap laporan program nuklirnya dan secara permanen serta terverifikasi meninggalkan program nuklirnya untuk selamanya.
  2. Iran harus menghentikan pengayaan dan tidak boleh melakukan pemroresan ulang plutonium termasuk menutup reaktor nuklirnya.
  3. Iran harus memberikan akses tanpa batas kepada IAEA untuk memasuki seluruh situs program nuklirnya di seluruh penjuru Iran.
  4. Iran harus mengakhiri pengembangan program rudal balistiknya dan menghentikan peluncurannya serta menghentikan pengembangan lebih lanjut sistem rudal berkemampuan nuklir
  5. Iran harus membebaskan semua warga AS serta warga dari sekutu AS yang ditahan atas tuduhan palsu
  6. Iran harus mengakhiri dukungannya untuk kelompok teroris di Timur Tengah, termasuk Hizbullah Lebanon, Hamas, dan kelompok Jihad Islam Palestina.
  7. Iran harus menghormati kedaulatan Pemerintah Irak dan mengizinkan perlucutan senjata, membubarkan dan reintegrasi milisi Syiah
  8. Iran harus mengakhiri dukungan militernya kepada kelompok milisi Houthi dan bekerja untuk penyelesaian politik damai di Yaman
  9. Iran harus menarik semua pasukannya dari seluruh wilayah Suriah
  10. Iran harus mengakhiri dukungannya untuk Taliban dan teroris lainnya di Afghanistan dan sekitarnya, serta berhenti menyembunyikan pemimpin senior al-Qaeda.
  11. Iran harus mengakhiri dukungan pasukan Garda Revolusi Islam (IRG) untuk teroris dan sekutu militan di seluruh dunia
  12. Iran harus menghentikan segala tindakan dan perilaku yang mengancam negara-negara tetangganya, termasuk berhenti mengancam Israel, berhenti menembakkan rudal ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab serta berhenti mengancam pelayaran internasional hingga serangan siber.

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here