Inilah Bahaya Menggoyang Kendaraan Saat Mengisi BBM

1088

Moslemtoday.com : Menggoyang mobil saat isi bensin merupakan salah satu pemandangan unik yang kerap kita temui di pom bensin. Tak hanya pengendara mobil, banyak pula pengendara motor melakukan hal sama, yakni menggoyang-goyang kendaraan, agar kapasitas bensin lebih banyak, atau penuh.

Kebanyakan dari mereka menganggap hal itu dilakukan, agar bensin dapat masuk ke semua ruang tanpa ada celah. Lantas, apakah tindakan tersebut benar?

Mitsubishi Motors Indonesia dalam keterangannya menyebut bahwa hal itu merupakan tindakan yang salah.

“Ada mitos saat mengisi BBM (bahan bakar minyak) di SPBU, mobil diguncang-guncangkan supaya BBM dapat terisi dengan kapasitas lebih banyak, atau penuh. Yang perlu diketahui, BBM adalah cairan, dan sifat cairan adalah selalu mengalir dari tempat tinggi ke rendah. Jadi, tidak perlu digundang-guncangkan, agar BBM terisi di tangki dengan penuh,” kata PT KTB MMI, seperti dilansir dari VIVA.co.id, Rabu, (17/1/18).

Sebenarnya, menggoyang-goyang kendaraan saat isi bensin justru dapat menimbulkan efek mudah luber. Sebab, pada saat menggoyang-goyangkan, bahan bakar yang ada di dalam tangki justru akan berbuih. Jika diibaratkan, seperti halnya manusia ketika hendak minum soda kaleng. Saat kaleng tersebut dikocok, atau digoyang-goyangkan, akan luber.

Sementara itu, dilansir dari Tribunnews.com, Menurut Sales Executive Retail Wilayah XII Pertamina, Wahyudi mengatakan bahwa tindakan itu biasanya hanya karena sugesti atau kebiasaan saja, padahal tindakan tersebut sebetulnya dapat menimbulkan kebakaran.

Wahyudi mengatakan : “Menggoyang kendaraan itu berpotensi untuk menimbulkan kebakaran karena ujung nosel besi ketemu dengan ujung tangki. Ada yang namanya listrik statis. Dua titik yang berbeda muatan, ketika ada beda muatan, ada loncatan listrik yang tidak bisa dilihat. Saat loncat ada percikan api dan itu berpotensi menimbulkan kebakaran meski kecil potensinya.”

“Hanya karena hal seperti ini, bisa menimbulkan efek yang luar biasa.”

Masih tertarik untuk mengggoyang-goyangkan kendaraan saat mengisi BBM? (DH/MTD)

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here