Inilah Enam Kandidat Yang Akan Memperebutkan Kursi Kepresidenan Turki

382

Moslemtoday.com : Dewan Pemilihan Tertinggi Turki telah merilis daftar kandidat yang akan bertarung memperebutkan kursi kepresidenan Turki yang akan digelar pada 24 Juni mendatang.

Menurut daftar calon yang masuk hingga Kamis, (10/5/18), terdapat enam kandidat yang akan mengikuti pemilihan sebagai presiden Turki. Mereka adalah : Presiden Turki saat ini Recep Tayyip Erdogan, Muharrem Ince, Meral Aksener, Selahattin Demirtas, Temel Karamollaoglu dan Dogu Perincek, seperti dilansir dari kantor berita Turki, Anadolu Agency. 

Presiden Erdogan merupakan calon terkuat hingga saat ini dengan dukungan penuh dari koalisi dua Partai Turki, Partai Gerakan Nasionalis (MHP) dan Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) yang dipimpin Erdogan. Presiden Erdogan telah menjabat sebagai presiden Turki sejak 2014, sebelumnya Erdogan menjabat sebagai perdana menteri dari 2003 hingga 2014.

Sementara itu, Partai Republik Rakyat Turki (CHP) mencalonkan Muharrem Ince untuk menantang Erdogan. Partai CHP dikenal sebagai partai oposisi arus utama di pemerintahan Turki saat ini. Dalam rapat umum di ibukota Ankara, pemimpin Partai CHP Kemal Kilicdaroglu secara resmi mengumumkan Muharrem Ince sebagai calon presiden mereka.

Partai oposisi lainnya, Partai IYI mencalonkan pemimpin Partai mereka, Meral Aksener sebagai kandidat presiden dari Partai mereka. Aksener memperoleh 100.000 tanda tangan untuk dapat mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilu mendatang.

Partai oposisi Felicity (Saadet) mengumumkan pemimpinnya, Temel Karamollaoglu, sebagai calon presiden mereka. Karamollaoglu juga mendapatkan 100.000 tanda tangan untuk menjadi kandidat presiden.

Partai Demokrat Rakyat (HDP) mencalonkan Selahattin Demirtas, sebagai calon presiden. Pada November 2016, Demirtas bersama dengan 12 anggota parlemen HDP, ditangkap atas dugaan provokator aksi teror. Demirtas saat ini dilaporkan masih dalam tahanan.

Terakhir, Dogu Perincek, Pemimpin Partai Vatan juga mendapatkan 100.000 suara untuk dapat mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilu mendatang. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here