Inilah Kunci Sukses Keberhasilan Arab Saudi Mengelola Ibadah Haji

775
وزير الداخلية ظل متابعا لأعمال الحج أولاً بأول. (عكاظ)

Moslemtoday.com : Bagaimana Kerajaan Arab Saudi bisa berhasil mengelola ibadah haji dengan 2,5 juta jamaah yang berjalan dengan aman, nyaman dan mudah? Jawabannya tidak lain adalah karena berkah dari Allah Subhanahu Wa Taala kemudian dengan Kepemimpinan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman.

Tentu saja, keberhasilan haji mencerminkan sistem upaya dan kemampuan orang Saudi baik keamanan, administrasi, warga negara dan sukarelawan, semangat militer yang tinggi dan integrasi dalam sistem keamanan, kinerja profesional, tekad, tekad dan dedikasi untuk melayani Islam, kerajaan, bangsa Arab, dan dunia Muslim.

Kesuksesan datang sebagai hasil dari upaya yang sangat besar dan akumulasi pengalaman dalam musim haji. Selama beberapa hari terakhir, Kerajaan, dengan semua badannya yang terlibat, telah dapat bekerja sepenuhnya sesuai dengan rencana aksi yang jelas untuk keberhasilan musim haji, dan untuk menyediakan perawatan yang diperlukan untuk melayani para jemaah, mulai dari memfasilitasi akses mereka ke tempat-tempat suci, dan bekerja keras untuk memfasilitasi kemudahan ibadah jemaah.

Keberhasilan yang dicapai oleh Arab Saudi tercermin dalam bahasa angka dan statistik. Jumlah tenaga dalam haji melebihi 350 ribu, selain 35 ribu sukarelawan, termasuk 120 ribu petugas keamanan, 200 ribu dari berbagai sektor, dan 30 ribu praktisi kesehatan.

Kementerian Dalam Negeri dan berbagai sektor keamanannya tidak ragu untuk menggunakan semua upaya mereka untuk memfasilitasi para jemaah di tempat-tempat suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sehingga para tamu Allah dapat menjalankan ibadah hajinya dengan mudah, nyaman, dan tenang dalam suasana yang penuh dengan spiritualitas, ketenangan dan keyakinan.

Prakarsa Jalan Makkah juga berkontribusi pada terobosan positif besar untuk memfasilitasi ibadah jemaah sesuai dengan Visi Saudi 2030, dan Direktorat Jenderal Paspor bekerja bersama dengan Kementerian Dalam Negeri untuk mengimplementasikan inisiatif ini di lapangan dan mencapai prestasi yang membanggakan.

Dalam melayani para tamu Allah, Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota menyatakan bangga dengan upaya maksimal dan terhormat yang dilakukan oleh petugas keamanan dan rekan-rekan mereka di sektor militer dan sipil yang terlibat dalam pekerjaan haji dan upaya-upaya besar yang dilakukan oleh seluruh kementerian, lembaga dan badan-badan yang terlibat dalam menyediakan semua layanan kepada para jemaah, dan sentuhan komitmen adalah petunjuk yang memberikan kontribusi untuk memfasilitasi dan memfasilitasi kinerja keamanan, keselamatan dan ketenangan.

Terima kasih kepada Allah, Rabb Sang Pencipta yang telah memberikan keberkahannya kepada Biladul Haramaian dan Kepemimpinannya sehingga mampu melayani para jemaah haji yang datang dari berbagai negara untuk melaksanakan ibadah suci. Mengamankan 2,5 juta peziarah sama sekali tidak mudah, melainkan keselarasan sistem keamanan dengan sistem eksekutif dan semuanya merupakan atas izin Allah Subhanahu Wa Taala.

Sumber : Okaz | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here